STRATEGI PEMASARAN OBYEK WISATA KOLAM RENANG & WATERBOOM DOENG CUO SEBAGAI DAYA TARIK WISATA TIRTA DI KOTA SRAGEN

Prasojo, Wahyu Teguh (2014) STRATEGI PEMASARAN OBYEK WISATA KOLAM RENANG & WATERBOOM DOENG CUO SEBAGAI DAYA TARIK WISATA TIRTA DI KOTA SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (406Kb) | Preview

    Abstract

    WAHYU TEGUH PRASOJO, C9410020. 2014. STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA KOLAM RENANG & WATERBOOM DOENG CUO SEBAGAI DAYA TARIK WISATA TIRTA DI KOTA SRAGEN. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui potensi yang dimiliki obyek wisata Kolam Renang & waterboom Doeng Cuo dan mengetahui strategi pemasaran oleh pengelola Kolam Renang & Waterboom Doeng Cuo serta Untuk mengetahui Kendala di obyek wisata Kolam Renang & Waterboom Doeng Cuo. Penulisan laporan ini menggunakan gabungan antara metode analisis kualitatif, wawancara, studi dokumen dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif serta disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Potensi Kolam Renang berstandart Nasional, dengan adanya kolam ini sebagai sarana dan prasarana kepelatihan olahraga air seperti berenang atlet pemula maupun professional, terselenggaranya event renang di kabupaten Sragen baik lokal atau Nasional. Waterboom yang lengkap dengan papan seluncur air dan tong yang secara otomatis menumpahkan airnya jika telah terisi penuh. Langkah-langkah / strategi yang dilakukan Objek wisata Kolam Renang & Waterboom Doeng Cuo sebagai objek wisata sangat memerlukan pemasaran supaya dapat dikenal oleh masyarakat umum. Promosi-promosi yang telah dilakukan oleh pihak pengelola objek wisata Kolam Renang & Waterboom Doeng Cuo umumnya melalui media cetak antara lain penyebaran brosur, pamflet, surat kabar dan lain sebagainya. Melalui media elektronik antara lain stasiun Televisi lokal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah yaitu wisata Kolam Renang & Waterboom Doeng Cuo merupakan objek unggulan daerah sragen dan untuk pemasarannya menggunakan strategi melalui media cetak antara lain penyebaran brosur, pamflet, surat kabar dan lain sebagainya. Melalui media elektronik antara lain stasiun televisi lokal, dan mempunyai kendala antara lain sumber daya manusia seperti kurang adanya tenanga ahli dibidang kepariwisataan, lalu jangkauan promosi masih lokal, seharusnya promosi bisa saja dilakukan diluar Jawa Tengah untuk lebih bisa memperkenalkan ke masyarakat luas, kalau di Sragen mempunyai obyek wisata Tirta berupa Kolam renang berstandart Nasional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Inang S H
    Date Deposited: 22 Nov 2015 15:10
    Last Modified: 22 Nov 2015 15:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21855

    Actions (login required)

    View Item