PENGARUH PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP KETEPATAN PASSINGATAS SEPAKBOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SD KRASAK 1 TERAS BOYOLALI

KUSUMO, ZUHRI DWI SAPUTRO (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP KETEPATAN PASSINGATAS SEPAKBOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SD KRASAK 1 TERAS BOYOLALI. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (186Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh Penggunaan pembelajaran tidak langsung dan langsung terhadap peningkatan ketepatan atas sepak bola. (2) Penggunaan pembelajaran yang lebih baik dalam peningkatan ketepatan passing atas sepak bola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler sepakbola SD Krasak 1 Teras Boyolali yang berjumlah 30 pemain, yang selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan cara ordinal pairing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji reliabilitas untuk mengetahui keajegan hasil tes, uji normalitas untuk mengetahui tingkat kenormalan data, dan uji homogenitas untuk mengetahui homogenitas data, dan uji perbedaan untuk mengetahui hasil yang lebih baik antar variabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagaiberikut: (1) Ada perbedaan pengaruh penggunaan yang signifikan antara pembelajaran tidak langsung dan langsung terhadap hasil belajar passing atas sepakbola pada pemain sepakbola kelompok SD KRASAK 1 TERAS BOYOLALI.(2) pembelajaran tidak langsung lebih baik pengaruhnya daripada pembelajaran langsung terhadap peningkatan ketepatan passing atas sepak bola pada siswa ekstrakurikuler sepak bola SD Krasak 1 Teras Boyolali. Berdasarkan persentase peningkatan passing atas sepak bola dapat disimpulkan bahwa kelompok 2 yaitu pembelajaran tidak langsung memiliki persentase pembelajaran passing atas sepak bola yang lebih besar daripada kelompok 1 yaitu pembelajaran langsung. Kata Kunci: Pembelajaran Langsung dan Pembelajaran Tidak Langsung, Peningkatan ketepatan Passing Atas Sepak bola, SD KRASAK 1 Teras Boyolali.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 21 Nov 2015 15:09
    Last Modified: 21 Nov 2015 15:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21847

    Actions (login required)

    View Item