PENGARUH MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA FULLDAY SCHOOL DI SMP MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Faurihah, Zain Umul (2015) PENGARUH MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA FULLDAY SCHOOL DI SMP MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (114Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh antara model pembelajaran dengan prestasi belajar siswa fullday school pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Program Khusus (2) apakah ada pengaruh antara media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa fullday school pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Program Khusus (3) apakah ada pengaruh antara model pembelajaran dan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa fullday school pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Program Khusus. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta kelas VII-IX dengan sampel sebanyak 101 responden. Sumber data penelitian ini berasal dari data jawaban responden yang dijawab melalui kuesioner. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan kuesioner (angket). Validitas data diperoleh melalui hasil tryout yang dilakukan kepada 30 responden. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran dengan prestasi belajar siswa fullday school pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Program Khusus. Hasil ini dapat diketahui melalui uji t variabel model pembelajaran diperoleh nilai probabilitas sebesar (2,200). Nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (1,984), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh secara parsial antara variabel model pembelajaran terhadap prestasi belajar. (2) terdapat pengaruh antara media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa fullday school pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Program Khusus. Hasil ini dapat diketahui melalui uji t variabel media pembelajaran diperoleh nilai probabilitas sebesar (2,100). Nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (1,984), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh secara parsial antara variabel model pembelajaran terhadap prestasi belajar. (3) terdapat pengaruh antara model pembelajaran dan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa fullday school pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Program Khusus. Hasil ini dapat diketahui melalui uji F variabel model pembelajaran dan media pembelajaran diperoleh nilai probabilitas Fhitung = 17,046 > Ftabel = 3,089, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa secara simultan variabel model pembelajaran dan media pembelajaran berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Model, Media, Prestasi Belajar Siswa

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 21 Nov 2015 13:47
    Last Modified: 21 Nov 2015 13:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21846

    Actions (login required)

    View Item