EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN KOOPERATIF STAD PADA MATERI POKOK TRANSFORMASI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 MIRI SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SOFIANA, YUNI NORMAWATI (2015) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN KOOPERATIF STAD PADA MATERI POKOK TRANSFORMASI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 MIRI SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (808Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) atau Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD (2) Manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan minat belajar tinggi, sedang, atau rendah. (3) Pada masing-masing tingkat minat belajar tinggi, sedang dan rendah, manakah yang menghasilka prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) atau Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD. (4) Pada masing-masing model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan minat belajar tinggi, sedang atau rendah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Miri Sragen tahun pelajaran 2013/2014, yang terdiri dari 4 kelas dengan banyaknya siswa 132. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 68 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 1 Miri Sragen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data kemampuan awal yang berupa data nilai MID mata pelajaran matematika kelas VII semester II tahun pelajaran 2013/2014, metode angket untuk data minat belajar siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi Transformasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan metode Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Transformasi. (2) Siswa dengan minat belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baik pada siswa dengan minat belajar sedang. Sedangkan siswa dengan minat belajar tinggi dan sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai minat belajar rendah pada materi Transformasi. (3) Pada masing-masing tingkat minat belajar siswa, model pembelajaran Missouri Mathematics Project menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Transformasi. (4) Pada masing-masing model pembelajaran, siswa yang mempunyai minat belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai minat belajar sedang dan rendah sedangkan siswa yang mempunyai minat belajar sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai minat belajar rendah. Kata Kunci : Minat belajar siswa, Missouri Mathematics Project (MMP), Kooperatif tipe STAD, Prestasi belajar Matematika.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 21 Nov 2015 13:24
    Last Modified: 21 Nov 2015 13:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21841

    Actions (login required)

    View Item