PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS SISWA SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2014/2015

PRASETYA, YUDA ADI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS SISWA SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1367Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis pada siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa X PM 1 SMK N 1 Banyudono tahun ajaran 20014/2015 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (a) observasi, (b) wawancara, (c) tes, dan (d) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (a) analisis data kuantitatif, (b) analisis data kualitatif, dan (c) analisis deskriptif komparatif. Prosedur penelitian meliputi (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2014/2015. Hal ini terbukti pada siklus I sampai siklus II prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Sebelum diterapkan medel pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach) nilai rata-rata kelas adalah 68,4 dengan prosentase ketuntasan 45,72%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 78,46 dengan prosentase ketuntasan 62,86%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 83,14 dengan presentase ketuntasan 88,57%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach) dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Banyudono. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Pendekatan Saintifik, Prestasi Belajar.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 21 Nov 2015 12:12
    Last Modified: 21 Nov 2015 12:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21828

    Actions (login required)

    View Item