IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN KESADARAN KHALAYAK (Studi Korelasi Terpaan Iklan Layanan Masyarakat "Gerakan Penanaman Pohon" Media Luar Ruang Terhadap Kesadaran Khalayak dalam Ajakan Penanaman Pohon di Kabupaten Sukoharjo Periode Mei-Juni 2015)

S, ELYSABET PURNA (2015) IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN KESADARAN KHALAYAK (Studi Korelasi Terpaan Iklan Layanan Masyarakat "Gerakan Penanaman Pohon" Media Luar Ruang Terhadap Kesadaran Khalayak dalam Ajakan Penanaman Pohon di Kabupaten Sukoharjo Periode Mei-Juni 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (323Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK ELYSABET PURNA SETYANINGRUM (D1212032), IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN KESADARAN KHALAYAK(Studi Korelasi Terpaan Iklan Layanan Masyarakat “Gerakan Penanaman Pohon” Media Luar Ruang dengan Kesadaran Khalayak dalam Ajakan Penanaman Pohon di Kabupaten Sukoharjo Periode Mei –Juni 2015). Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti melihat kurangnya kesadaran masyarakat yang berakibat rusaknya lingkungan hidup. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap manfaat pohon menyebabkan berbagai kerusakan lingkungan misalnya banjir, tanah dan pemanasan global. Progam gerakan penanaman pohon merupakan gerakan dari pemerintah yang digalakkan di setiap tahunnya. Gerakan ini banyak disosialisasikan, salah satunya melalui iklan layanan masyarakat media luar ruang, berupa baliho dan billboard. Di sini peneliti ingin mengetahui adakah hubungan terpaan iklan layanan masyarakat gerakan penanaman pohon media luar ruang terhadap kesadaran khalayak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus Organism Response). Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, dengan metode korelasi, serta tehknik pengumpulan data berupa survei menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat kabupaten Sukoharjo yang pernah melihat iklan layanan masyarakat ini. Sampel yang diambil sebanyak 60 responden.. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan analisis korelasi sederhana (korelasi bivariat dengan angka Spearman’s rank), SPPS 11.5for windows hasil analisis menunjukkan (1) adanya hubungan yang signifikan dan positif antara terpaan iklan layanan masyarakat gerakan penanaman pohon media luar ruang terhadap kesadaran khalayak dengan derajat korelasi kuat yaitu 0.651 (2) adanya hubungan positif antara Terpaan iklan layanan masyarakat gerakan penanaman pohon media luar ruang terhadap jenis kelamin dengan korelasi rendah yaitu 0.261, (3) Tidak ada hubungan antara kesadaran jenis kelamin dan kesadaran khalayak, (4) Ada hubungan positif antara tingkat pendidikan dengan terpaan iklan layanan masyarakat gerakan penanaman pohon media luar ruang yaitu 0,312, (5) Ada hubungan positif antara tingkat pendidikan dan kesadaran khalayak yaitu sebesar 0,294. Kata kunci : Terpaan iklan layanan masyarakat media luar ruang, kesadaran khalayak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 24 Nov 2015 09:04
    Last Modified: 24 Nov 2015 09:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21815

    Actions (login required)

    View Item