IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 9 MADIUN

ISNANIYAH, YANI (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 9 MADIUN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (583Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tentang implementasi kurikulum pada mata pelajaran bahasa Indonesia penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui keterlaksanaan dari kurikulum yang berlaku khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) persepsi guru-guru SMP Negeri 9 Madiun mengenai Kurikulum 2013; (2) perencanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Madiun; (3) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Madiun dengan Kurikulum 3013; (4) kendalakendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dengan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 9 Madiun; (5) upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa dengan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 9 Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berupa penelitian studi kasus dengan mengambil tempat penelitian di SMP Negeri 9 Madiun, Kota Madiun. Sumber data dalam penelitian ini adalah tempat dan peristiwa, informan, serta dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, analisis dokumen, dan angket. Uji keabsahan data dengan triangulasi metode, triangulasi sumber, dan review informan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil temuan di lapangan dapat disimpulkan bahwa1) persepsi guru di SMP Negeri 9 Madiun terhadap Kurikulum 2013 kurang baik; 2) perencanaan pembelajaran yang dibuat guru bahasa Indonesia terdapat beberapa komponen yang masih kurang; 3) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia masih terpusat pada guru; 4) kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu (a) kurangnya keaktifan siswa; (b) penggunaan metode ceramah yang masih dominan; (c) nila siswa banyak di bawah KKM; (d) penilaian yang rumit; (e) sarana dan prasarana yang kurang mendukung; 5) upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu (a) memotivasi siswa untuk lebih aktif; (b) mengaitkan pembelajaran dengan keadaan sekitar; (c) melakukan remedial; (d) melakukan penilaian yang dianggap paling penting; (e) melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Kata Kunci: Implementasi kurikulum, pembelajaran bahasa Indonesia

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 21 Nov 2015 07:22
    Last Modified: 21 Nov 2015 07:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21809

    Actions (login required)

    View Item