TANGGUNG JAWAB PT POS INDONESIA TERHADAP KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN PELAYANAN JASA PENGIRIMAN PAKET KILAT KHUSUS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 38 TAHUN 2009 TENTANG POS ( Studi Kasus Pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Klaten)

Listiawati, Danty (2015) TANGGUNG JAWAB PT POS INDONESIA TERHADAP KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN PELAYANAN JASA PENGIRIMAN PAKET KILAT KHUSUS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 38 TAHUN 2009 TENTANG POS ( Studi Kasus Pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Klaten). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (680Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sah tidaknya perjanjian pelayanan jasa pengiriman paket pos yang berklausula eksonerasi berdasarkan ketentuan syarat sahnya perjanjian dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, serta mengetahui pelaksanaan tanggung jawab PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Klaten terhadap keterlambatan, kerusakan, dan kehilangan pengiriman paket kilat khusus berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 Tentang Pos. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian empiris yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, kemudian data yang terkumpul di lapangan dihubungkan dengan aturan yang berlaku apakah sudah sesuai atau belum. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi lapangan dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan metode analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan hasil mempelajari studi kepustakaan menunjukan bahwa perjanjian pelayanan jasa pengiriman paket pos yang berklausula eksonerasi tersebut telah memenuhi persyaratan sebagimana tercantum dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang syarat sahnya suatu perjanjian dimana dalam klausula eksonerasi tersebut tidak terdapat klausula yang tidak wajar bagi konsumen karena didalamnya masih memungkinkan pihak konsumen untuk mengajukan gugatan apabia merasa dirugikan. Dari hasil penelitian itu juga ditemukan bahwa tanggung jawab PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Klaten sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 Tentang Pos khususnya pada Pasal 31. Mengetahui tahap pelaksanaan pengiriman paket kilat khusus mulai paket diserahkan kepada petugas pos sampai paket ke tempat tujuan, tanggung jawab yang dilakukan adalah melakukan pengiriman paket pos dengan selamat sampai tujuan dan membayar ganti kerugian terhadap keterlambatan, kerusakan, dan kehilangan paket kilat khusus yang disebabkan kelalaian dari pihak pos. Sebagai saran penulis kemukakan agar Pelayanan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Klaten hendaknya ditingkatkan serta lebih menjamin pemenuhan hak-hak masyarakat khususnya terkait dengan pengiriman paket pos dan ganti rugi atas kehilangan, kerusakan dan keterlambatan paket pos. Kata Kunci : Klausula Eksonerasi, Tanggung Jawab PT Pos Indonesia, Tanggung Jawab Pengiriman Paket Pos

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 21 Nov 2015 03:00
    Last Modified: 21 Nov 2015 03:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21805

    Actions (login required)

    View Item