PEMANFAATAN LAYANAN SMS GATEWAY DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GAMMU DALAM LAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

SARI, INTAN PERMATA (2012) PEMANFAATAN LAYANAN SMS GATEWAY DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GAMMU DALAM LAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (210Kb) | Preview

    Abstract

    Intan Permata Sari. D1809032. 2012. Pemanfaatan Layanan SMS Gateway dengan Menggunakan Software Gammu dalam Layanan Sirkulasi di UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang. Tugas Akhir : Prodi DIII Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Layanan SMS gateway dimaksudkan untuk lebih mendekatkan informasi perpustakaan ke pemustaka, baik civitas akademika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), maupun masyarakat luar, tanpa harus datang secara fisik ke perpustakaan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui prosedur pendaftaran dan cara menggunakan layanan SMS (Short Message Service) Gateway, untuk mengetahui kendala apa saja yang sering dihadapi pemustaka dalam memanfaatkan layanan SMS Gateway, serta untuk mengetahui solusi alternatif seperti apa yang digunakan dalam mengatasi kendala layanan SMS Gateway. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi pustaka, metode dokumentasi atau arsip, metode wawancara, serta metode observasi. Hasil yang didapat dari kegiatan magang adalah prosedur pendaftaran layanan SMS gateway yaitu pemustaka mendatangi petugas administrasi UPT Perpustakaan dan Informasi UMM sambil membawa KTM /KTA yang asli dan masih berlaku, mengisikan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan PIC, serta mengisi nomor handphone yang digunakan untuk menggunakan layanan SMS gateway. Sedangkan cara menggunakan layanan SMS gateway ini adalah dengan mengirimkan SMS sesuai dengan sintak (cara pengetikan) yang telah ditetapkan ke nomor 08123311263. Kendala yang sering dihadapi pemustaka dalam layanan SMS gateway antara lain adanya balasan SMS yang tidak sesuai dengan yang diinginkan, ada kemungkinan terjadinya permasalahan pada sinyal dari provider layanan seluler, quota SMS telah habis, serta tidak ditemukannya koleksi yang dicari pada rak koleksi. Solusi alternatif yang dilaksanakan untuk menanggulangi kendala yang terjadi antara lain pemustaka harus mengecek ulang sintak SMS yang telah ditetapkan, memilih provider yang terpercaya kualitas sinyalnya, menggunakan layanan sebaik mungkin sesuai dengan prosedur dan sintak yang telah ditetapkan, membuat koleksi cadangan pada saat pembookingan koleksi untuk mensiasati bila koleksi yang diinginkan tidak ada di tempat. Saran yang dapat diberikan adalah mengadakan promosi aktif kepada masyarakat khususnya civitas akademika UMM tentang layanan SMS Gateway, serta menambah layanan baru yaitu tentang panduan cara pengetikan SMS yang bisa diakses langsung melalui SMS. Kata kunci: SMS Gateway, Software Gammu, layanan sirkulasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 20 Nov 2015 20:10
    Last Modified: 20 Nov 2015 20:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21794

    Actions (login required)

    View Item