PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN AFL MELALUI PENILAIAN TEMAN SEJAWAT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

FAHRUDIN, DWI (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN AFL MELALUI PENILAIAN TEMAN SEJAWAT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (161Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Fahrudin. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN AFL MELALUI PENILAIAN TEMAN SEJAWAT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2015. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan AfL melalui penilaian teman sejawat yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo dan mengetahui peningkatan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan AfL melalui penilaian teman sejawat. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran, data keaktifan siswa dan data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Untuk mengumpulkan data keterlaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa menggunakan metode observasi, sedangkan untuk data kemampuan pemecahan masalah dengan metode tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 65% dari jumlah total siswa mencapai kategori keaktifan belajar tinggi dalam pembelajaran matematika dan setidaknya 65% dari jumlah total siswa mencapai skor kemampuan pemecahan masalah lebih dari atau sama dengan 8 untuk setiap soal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa langkah-langkah strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan AfL melalui penilaian teman sejawat yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah : 1) Kegiatan Pendahuluan, yaitu a) Guru memberikan salam, menanyakan kehadiran. b) Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. c) Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari, tujuan yang akan dicapai, kriteria sukses kepada siswa pada awal pembelajaran. d) Guru melakukan apersepsi dengan materi yang akan dipelajari. e) Guru memberikan motivasi akan pentingnya materi yang akan dipelajari. 2) Kegiatan Inti, yaitu Tahap 1 : Guru menjelaskan secara garis besar materi yang akan disampaikan pada pertemuan kali ini. Tahap 2 : Think (Berpikir) meliputi siswa memperoleh Lembar Kerja Siswa (LKS), guru meminta siswa mempelajari LKS tersebut secara mandiri, kemudian memikirkan rencana penyelesaian masalah, siswa menuliskan apa yang yang dipikirkan ke dalam suatu catatan kecil. Tahap 3 : Talk (Berbicara) meliputi, siswa duduk dalam kelompok yang telah ditentukan oleh guru, kemudian siswa mendiskusikan hasil pemikirannya (tulisan dalam catatan kecil). Tahap 4 : Write (Menulis) meliputi, siswa menuliskan penyelesaian masalah yang dianggap benar. Tahap 5 : Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain diminta untuk memberikan tanggapan atau pertanyaan. Tahap 6 : Pemberian soal meliputi, guru membagikan soal uraian yang sesuai materi yang telah dipelajari kepada siswa, setelah soal selesai dikerjakan, dilakukan penilaian teman sejawat dimana hasil pekerjaan siswa dikoreksi oleh siswa lain, sebelumnya guru membagikan rubrik penilaian kepada siswa. 3) Penutup, a) guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dipelajari. b) guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mengikuti pembelajaran tersebut. c) guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. Berdasarkan pembelajaran dengan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan AfL melalui penilaian teman sejawat persentase keaktifan siswa kategori tinggi mengalami peningkatan dari 34,4% pada prasiklus menjadi 51,8% pada siklus I dan menjadi 72,75% pada siklus II. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari 21,21% pada prasiklus menjadi 42,42% pada siklus I dan menjadi 69,69% pada siklus II. Kata Kunci : TTW ( Think-Talk-Write), AfL, keaktifan, kemampuan pemecahan masalah matematika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 20 Nov 2015 16:04
    Last Modified: 20 Nov 2015 16:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21778

    Actions (login required)

    View Item