JAARBEURS 1920-1941 : MEDIA PROMOSI INDUSTRI DAN EKONOMI MASYARAKAT BANDUNG

SANTINEU, AI (2015) JAARBEURS 1920-1941 : MEDIA PROMOSI INDUSTRI DAN EKONOMI MASYARAKAT BANDUNG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (356Kb) | Preview

    Abstract

    Ai Santineu. C.0510008. 2015. Jaarbeurs 1920-1941 : Media Perkembangan Industri dan Ekonomi Masyarakat Bandung. Skripsi: Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian sejarah Jaarbeurs ini mempunyai dua tujuan: pertama untuk menggambarkan penyelenggaraan Jaarbeurs di kota Bandung yang diadakan pada tahun 1920-1941, kedua untuk mengetahui dampak acara jaarbeurs di Bandung terhadap perkembangan industri, transportasi dan wisata. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dengan tahap heuristik, yakni pengumpulan data dari sumber-sumber sejarah sezaman yang ditemukan di Arsip Nasional Republik Indonesia dan Perpustakaan Nasional. Tahap selanjutnya kritik sumber, yakni membandingkan dan mengkritik sumber sejarah untuk memperoleh data yang sahih atau valid. Kemudian interpretasi yakni tahap menganalisis data yang diperoleh sehingga memperoleh fakta-fakta yang terjadi dalam suatu peristiwa, dan yang terakhir menuliskan laporan penelitian atau historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Jaarbeurs merupakan salah satu konsep pelaksanaan Jaarmarkt atau Pasar Tahunan yang diselenggarakan di Kota Bandung oleh Pemerintah Hindia Belanda. Jaarbeurs menjadi agenda rutin tahunan kota Bandung yang diadakan pada sekitar bulan juni-juli. Acara jaarbeurs sangat penting terutama sebagai media promosi produk usaha maupun promosi wisata di kota Bandung dan sekitarnya. Sebagai media promosi, jaarbeurs berperan dalam pengembangan usaha dan pasar baik untuk kota Bandung maupun daerah sekitarnya. Beberapa sarana transportasi bahkan memberikan tarif promo terkait acara jaarbeurs. Dalam sektor pariwisata, jaarbeurs dikemas dalam paket-paket wisata di kota Bandung. Hal ini menyebabkan munculnya pekerjaan di sektor informal seperti penyedia jasa, usaha persewaan mobil maupun kuliner. Jaarbeurs menjadi sebuah wadah yang berpengaruh dalam bidang ekonomi maupun hiburan. Selain itu Jaarbeurs menjadi sebuah acara yang penting karena terjadi pengenalan budaya serta sarana penyebaran informasi teknologi. Kata kunci: jaarbeurs, industri, wisata, Bandung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Ilmu Sejarah
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 20 Nov 2015 10:07
    Last Modified: 20 Nov 2015 10:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21757

    Actions (login required)

    View Item