PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY ROTI WIDORO BESERTA APLIKASINYA

PRASETYO, IRHAM ADI (2015) PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY ROTI WIDORO BESERTA APLIKASINYA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (236Kb) | Preview

    Abstract

    Pada dunia pemasaran persaingan merupakan hal yang wajar dan lumrah. Berbagai usaha dilakukan dalam upaya memenangkan persaingan ini. Salah satu diantaranya adalah membuat visual branding perusahaan. Visual branding bisa dibangun melalui desain kemasan yang menarik sehingga dapat mengundang konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan. Menurut Christine Suharto Cenadi, daya tarik suatu produk tidak dapat terlepas dari kemasannya. Kemasan merupakan “pemicu” karena ia langsung berhadapan dengan konsumen. Karena itu kemasan harus dapat mempengaruhi konsumen untuk memberikan respon positif (Cenadi-Suharto, Jurnal Nirmana Vol. 2 – No. 1, Januari 2000: 94). Selain sebagai pelindung produk kemasan sekarang ini juga sebagai media promosi pendukung dari suatu produk. Baik produk berskala lokal, nasional maupun internasional. Saat ini banyak produk lokal yang berpotensi tetapi belum peduli dengan kemasan produknya. Kebanyakan produk makanan khas daerah menggunakan kemasan hanya sebagai pelindung produk, tidak memperhatikan desainnya yang dapat digunakan sebagai salah satu media promosi produk, sekaligus brand image produk tersebut. Roti adalah salah satu produk lokal yang memiliki potensi, tetapi pada umumnya kemasan roti produk lokal kurang memperhatikan desainnya, kemasan roti lokal pada umumnya hanya untuk melindungi produk. Kemasan yang cenderung apa adanya ini membuat produk lokal kurang di mengerti masyarakat, dan sebaliknya produk nasional ataupun internasional dengan mudah dikenal masyarakat karena adanya visual branding pada desain kemasan. Roti Widoro adalah salah satu produk roti lokal yang berdiri di dusun widoro, kabupaten Sukoharjo. Pada tahun 1950-an, orang-orang menyebutnya dengan roti gede karena roti ini selalu dijadikan cemilan pada acara penyambutan tamu terhormat, misalnya untuk menyambut Lurah dan Camat. Membeli roti sejumlah 50 buah sudah dianggap mewah untuk ukuran pada waktu itu. Akan tetapi pemilik perusahaan Roti Widoro kurang memahami pentingnya visual branding dan desain kemasan produknya. Pada kemasan produk ini hanya menggunakan paper bag yang disertai nama brand, logo halal dan no departemen kesehatan yang keseluruhan tadi hanya menggunakan satu warna yaitu hijau pada kertas coklat. Produk ini kurang memanfaatkan kemasan produk sebagai media promosi produk. Mengingat pentingnya kemasan bagi produk makanan terutama roti yang merupakan makanan siap saji, mudah dapat dan bergizi. Masih banyak potensi untuk lebih dikenal masyarakat dan mampu bersaing dengan produk dalam atau luar negeri, tidak dalam lingkup daerah saja. Berdasarkan uraian diatas maka penulis akan merancang sebuah karya Tugas Akhir yang berjudul PERANCANGAN VISUAL BRANDING DAN MENDESAIN ULANG KEMASAN “ROTI WIDORO”

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 20 Nov 2015 09:43
    Last Modified: 20 Nov 2015 09:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21750

    Actions (login required)

    View Item