OPTIMIZING MIND MAPPING TO IMPROVE STUDENTS’ THINKING SKILL FOR READING COMPREHENSION (A Classroom Action Research at IKIP PGRI Madiun in the Academic Year of 2013/2014)

Karsa, Arsi Nuring (2015) OPTIMIZING MIND MAPPING TO IMPROVE STUDENTS’ THINKING SKILL FOR READING COMPREHENSION (A Classroom Action Research at IKIP PGRI Madiun in the Academic Year of 2013/2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1062Kb) | Preview

    Abstract

    Arsi Nuring Karsa. S891302009. Mengoptimalkan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Mahasiswa dalam Pemahaman Membaca (Sebuah Penelitian Tidakan yang dilakukan di IKIP PGRI Madiun pada Tahun Ajaran 2013/2014). Thesis. Pembimbing I: Dra. Dewi Rochsantiningsih, M.Ed, Ph.D, Pembimbing II: Dr. Hersulastuti, M.Hum. Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret. 2015. Tesis ini bertujuan untuk menjelaskan 1) apakah adan sejauh mana Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa dalam pemahaman membaca; 2) kesulitan-kesulitan yang terjadi dalam penerapan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa dalam pemahaman reading. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan salah satu dosen reading di IKIP PGRI Madiun di kelas 4A. penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data kualitatif dikumpulkan dengan menggunakan catatan lapangan, catatan harian, kuisioner, interview, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisa dengan cara menampilkan data, mengeliminasi data yang tidak diperlukan, menyimpulkan dan membuktikan kebenaran data. Tes tersebut meliputi pre- tes dan post tes. Data kuantitatif dianalisa menggunakan teknik deskriptif statistic untuk membandingkan hasil pre-tes dan post tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa dalam pemahaman membaca seperti: 1) nilai rata-rata mahasiswa dalam tes thinking skill bertambah dari 80,7 menjadi 96, 6 dan seluruh nilai mahasiswa sudah melampaui KKM; 2) total jawaban benar mahasiswa pada tiap indikatornya bertambah seperti: part-whole relation dari 192 menjadi 228, conclusion dari 141 menjadi 192, similarities dari 172 menjadi 200 dan differences dari 181 menjadi 203 ; 3) dalam penerapan mind mapping, mahasiswa mengalami beberapa kesulitan, yaitu: mahasiswa bingung ketika mereka tidak dapat menemukan pernyataan pendukung untuk subtopic mereka di setiap artikel, mahasiswa bingung ketika harus menentukan kata kunci yang akan mereka letakkan dalam mind mapping 3, dan mahasiswa juga kesulitan ketika mereka harus meletakkan kata kunci ke dalam mind mapping 3, mahasiswa mengalami kesulitan untuk menemukan 3 artikel dari sumber yang berbeda namun berisi subtopic yang sama, dibutuhkan 2 pertemuan untuk melakukan seluruh proses mind mapping yang berarti bahwa mind mapping memerlukan waktu yang banyak dalam pelaksanaannya. Dari semua hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa dalam pemahaman membaca. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai tes thinking skill mereka. Dalam penerapan mind mapping untuk memperbaiki kemampuan berpikir mahasiswa, dosen harus mengizinkan mahasiswa untuk menemukan artikel mereka sendiri dan menyediakan waktu bagi mahasiswa untuk berkonsultasi tentang segala kesulitan yang mereka alami selama mengerjakan mind mapping.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 20 Nov 2015 08:38
    Last Modified: 20 Nov 2015 08:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21742

    Actions (login required)

    View Item