PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH TEMBANG GAMBUH MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ESTIFALIA, YESSI (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH TEMBANG GAMBUH MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (516Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas XI MIA 2 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan menerapkan model quantum learning; (2) meningkatkan keterampilan membaca indah tembang Gambuh melalui model quantum learning pada peserta didik kelas XI MIA 2 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian pada setiap siklus dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 2 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 berjumlah 33 peserta didik, yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 22 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, analisis dokumen dan lembar observasi motivasi belajar. Validasi data yang digunakan adalah validasi triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis kritis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar dan keterampilan membaca indah tembang Gambuh setelah dilakukan tindakan kelas dengan menerapkan model quantum learning. Peningkatan persentase jumlah peserta didik yang memiliki motivasi belajar yaitu pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 39,3%, meningkat pada siklus I menjadi 60,6%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 82%. Adapun peserta didik yang memperoleh nilai ketuntasan keterampilan membaca indah tembang Gambuh yang mencapai KKM ≥ 73 pada survai awal sebanyak 16 peserta didik (47,1%), pada siklus I meningkat menjadi 22 peserta didik (66,7%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 28 peserta didik (84,8%). Oleh karena itu, model quantum learning dapat digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan membaca indah tembang Gambuh pada peserta didik kelas XI MIA 2 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: motivasi belajar, membaca indah tembang Gambuh, quantum learning.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > PA Classical philology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 20 Nov 2015 07:39
    Last Modified: 20 Nov 2015 07:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21730

    Actions (login required)

    View Item