PENGGUNAAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOKROMO TAHUN AJARAN 2014/2015

FINANDA, WIWIT (2015) PENGGUNAAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOKROMO TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (295Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Resource Based Learning dalam peningkatan pembelajaran IPS, (2) meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonokromo melalui penggunaan model Resource Based Learning, dan (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model Resource Based Learning dalam peningkatan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonokromo tahun ajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap pertemuan mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Langkah penggunaan model Resource Based Learning dalam pembelajaran IPS yaitu: a) mengidentifikasi pertanyaan atau permasalahan, b) merencanakan cara mencari informasi, c) mengumpulkan informasi, d) menggunakan informasi, e) mensintesa informasi, dan f) evaluasi, (2) penggunaan model Resource Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan melawan penjajah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonokromo yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa, yaitu pada pratindakan yang mencapai KKM (75) hanya 1 siswa atau 5,00% dari 21 siswa, sedangkan rata-ratanya 53,33. Siklus I 69,05% dengan ratarata 73,93, siklus II 80,92% dengan rata-rata 78,93, dan siklus III 92,86% dengan rata-rata 84,88; dan (3) kendala dalam penggunaan model Resource Based Learning dalam peningkatan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonokromo Tahun Ajaran 2014/2015, yaitu: (a) pembelajaran berlangsung tidak sesuai waktu yang ditentukan, (b) siswa masih merasa kesulitan mengolah informasi dari beberapa sumber belajar, (c) kurangnya keaktifan siswa untuk bertanya dan memberi tanggapan. Solusinya yaitu: (a) guru harus lebih pintar membagi waktu, (b) guru memberikan penjelasan dan bimbingan lebih mengenai cara mengolah informasi dari beberapa sumber belajar, (c) guru harus lebih memotivasi siswa untuk lebih percaya diri dan aktif menanggapi. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model Resource Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan melawan penjajah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonokromo Tahun Ajaran 2014/ 2015. Kata Kunci: Resource Based Learning, peningkatan pembelajaran, IPS

    Item Type: Other
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 20 Nov 2015 07:03
    Last Modified: 20 Nov 2015 07:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21725

    Actions (login required)

    View Item