KRITIK SOSIAL DALAM KUMPULAN CERKAK KRETEG EMAS JURANG GUPIT KARYA DJAJUS PETE (Kajian Sosiologi Sastra dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Jawa di SMA)

Intansari, Wahyuningtyas Dewi (2015) KRITIK SOSIAL DALAM KUMPULAN CERKAK KRETEG EMAS JURANG GUPIT KARYA DJAJUS PETE (Kajian Sosiologi Sastra dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Jawa di SMA). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (695Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang sosial budaya pengarang kumpulan cerkak Kreteg Emas Jurang Gupit karya Djajus Pete, 2) Mendeskripsikan dan menjelaskan kritik sosial yang terdapat dalam kumpulan cerkak Kreteg Emas Jurang Gupit, 3) Mendeskripsikan dan menjelaskan tanggapan pembaca terhadap kumpulan cerkak Kreteg Emas Jurang Gupit karya Djajus Pete, dan 4) Mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi kumpulan cerkak Kreteg Emas Jurang Gupit karya Djajus Pete dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode content analysis atau analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah teks kumpulan cerkak yang berjudul Kreteg Emas Jurang Gupit karya Djajus Pete. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca, catat dan wawancara dengan narasumber. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan teori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil dalam penelitian ini meliputi: 1) latar belakang sosial pengarang sangat mempengaruhi pengarang dalam menulis atau menceritakan karyanya dengan aliran realis-simbolis yang masih jarang digeluti oleh penulis lain; 2) kritik sosial yang terkandung dalam cerkak ini diantaranya: (a) tindak pidana korupsi, (b) persekongkolan, (c) tindak suap, (d) pengancaman dan (e) pelecehan seksual, (f) pencurian. Secara umum cerkak-cerkak karya Djajus Pete ini memotret kehidupan rakyat dari kalangan menengah ke bawah di daerah pedesaan; 3) tanggapan pembaca, baik pembaca awam, praktisi dan implisit mengungkapkan bahwa kumpulan cerkak ini merupakan karya sastra yang sangat bagus dan mampu menyuarakan kritik yang disampaikan penulis dengan jelas; 4) kumpulan cerkak ini relevan dan sesuai digunakan sebagai bahan ajar di jenjang SMA, hal ini mengacu pada silabus kelas XII semester ganjil, kompetensi dasar 3.2 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis karya fiksi dan nonfiksi secara lisan dan tulis. Kata Kunci : Kritik sosial, kumpulan cerkak, pendekatan sosiologi sastra

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > PA Classical philology
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 20 Nov 2015 06:48
    Last Modified: 20 Nov 2015 06:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21723

    Actions (login required)

    View Item