PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DAN MODEL PROBLEM POSING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Penelitian Pembelajaran Kinematika Gerak Lurus Kelas X Semester 1 SMAN 1 Mojo Kediri Propinsi Jawa Timur Tahun Ajaran 2014/ 2015)

ARUM, WAHYUNI FAJAR (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DAN MODEL PROBLEM POSING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Penelitian Pembelajaran Kinematika Gerak Lurus Kelas X Semester 1 SMAN 1 Mojo Kediri Propinsi Jawa Timur Tahun Ajaran 2014/ 2015). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (663Kb) | Preview

    Abstract

    Kerakteristik pembelajaran fisika di SMA melibatkan peran siswa untuk aktif selama proses pembelajaran fisika berlangsung melalui pengamatan, pengukuran, penarikan data, dan penarikan kesimpulan. Akan tetapi, kebanyakan guru di sekolah belum optimal dalam melibatkan siswa secara aktif selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, motivasi belajar, dan keterampilan berpikir kritis terhadap prestasi belajar, serta mengetahui interaksi antara model pembelajaran, motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis terhadap prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian kelas X MIPA SMAN 1 Mojo, Kabupaten Kediri. Teknik pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling yaitu pemilihan sampel secara acak dengan menggunakan undian. Sampel populasi ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 dengan model problem solving dan eksperimen 2 dengan model problem posing. Data prestasi belajar pengetahuan diperoleh dari tes pilihan ganda, data keterampilan berpikir kritis diperoleh dari tes uraian, sedangakan prestasi sikap, keterampilan dan motivasi belajar diperoleh dari hasil observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan anava tiga jalan menggunakan General Linier Model. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh model problem solving lebih baik dibandingkan model problem posing baik ditinjau dari skor motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, maupun prestasi belajar. Kata kunci: problem solving, problem posing, motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Fisika
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 20 Nov 2015 06:45
    Last Modified: 20 Nov 2015 06:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21722

    Actions (login required)

    View Item