SISTEM PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Sunani, Nuning Hidayah (2010) SISTEM PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (864Kb)

    Abstract

    Penilaian merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran. Pada dasarnya penilaian adalah proses pengumpulan informasi, pembuatan pertimbangan dan keputusan tentang program pembelajaran. Penilaian dilakukan untuk mengetahui penguasaan kompetensi siswa tentang materi yang telah dipelajari dan seberapa jauh tujuan pembelajaran dapat dicapai. Dengan demikian pada akhir penilaian dilakukan dapat diketahui apakah proses dan hasil pembelajaran telah sesuai dengan tujuan atau kriteria yang telah ditentukan. Untuk selanjutnya hasil penilaian dapat dijadikan ukuran hasil belajar siswa dan feedback dalam rangka penyempurnaan pembelajaran selanjutnya. Penilaian dapat berjalan dengan baik apabila dilaksanakan melalui prosedur. Dengan demikian, jika penilaian akan dilakukan, tindakan pertama yang diambil ialah menentukan serta menjelaskan tujuannya, yaitu dengan memberikan hasil belajar yang akan diukur. Kejelasan pemberian ini, di samping mempengaruhi kualitas alat yang digunakan, juga dapat mempengaruhi efektivitas penilaian yang dilaksanakan. Tujuan penilaian yang sudah ditetapkan akan menentukan alat atau teknik penilaian yang digunakan, yang dipilih berdasarkan pertimbangan apakah teknik tersebut dapat mengukur dengan tepat, memberikan hasil pengukuran yang 11 objektif, mudah digunakan, dan merupakan cara yang paling efektif untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pasca Sarjana > Doktor > Linguistik - S3
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:09
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2172

    Actions (login required)

    View Item