NILAI WAKTU PENGGUNA ANGKUTAN UMUM BUS BATIK SOLO TRANS (BST) KORIDOR 1 DI SURAKARTA

PRAMESTY, RAHARDYAN INDRYA (2015) NILAI WAKTU PENGGUNA ANGKUTAN UMUM BUS BATIK SOLO TRANS (BST) KORIDOR 1 DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (453Kb) | Preview

    Abstract

    Rahardyan Indrya P., 2015, Nilai Waktu Pengguna Angkutan Umum Bus Batik Solo Trans (BST) Koridor 1 di Surakarta, Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penghematan waktu perjalanan akan meningkatkan pelayanan angkutan umum. Pendekatan yang digunakan untuk mengubah nilai penghematan waktu menjadi bentuk uang adalah pendekatan nilai waktu dimana nilai waktu adalah sejumlah uang yang rela dikeluarkan oleh seseorang untuk menghemat waktu perjalanan. Batik Solo Trans (BST) merupakan angkutan umum berbasis Bus Rapid Transit (BRT) di Surakarta. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner Stated Preference kepada pengguna bus BST koridor 1. Kuesioner yang disebarkan digunakan untuk mengetahui karakteristik dan pilihan rute pengguna bus BST koridor 1. Data dianalisis menggunakan analisis regresi, kemudian persamaan yang diperoleh digunakan untuk menghitung nilai waktu dengan menggunakan metode pilihan rute. Dalam metode pilihan rute, respon dari responden mengenai rute baru bagi bus BST koridor 1 memiliki nilai probabilitas sehingga dapat dianalisis menggunakan analisi regresi. Besaran nilai waktu yang dihitung adalah nilai waktu pengguna bus BST koridor 1, nilai waktu berdasarkan maksud perjalanan, dan nilai waktu berdasarkan tingkat pendapatan. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa nilai waktu pengguna bus BST koridor 1 adalah Rp 4.258,-/jam. Besara nilai waktu berdasarkan maksud perjalanan yang paling tinggi adalah untuk maksud perjalanan sekolah/kuliah, dan yang paling rendah adalah untuk maksud perjalanan lainnya (jalan-jalan, belanja, rekreasi, dan lain-lain). Sedangkan nilai waktu berdasarkan tingkat pendapatan memperlihatkan hasil bahwa semakin besar tingkat pendapatan seseorang maka semakin besar nilai waktunya. Kata kunci : Nilai waktu, Bus Rapid Transit (BRT), Stated Preference, regresi, metode pilihan rute.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 19 Nov 2015 15:12
    Last Modified: 19 Nov 2015 15:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21679

    Actions (login required)

    View Item