Analisis Perspektif Good Governance dalam Pengelolaan Keuangan Partai Politik (Kajian Akuntabilitas, Transparansi, dan Responsivitas Penggunaan Dana APBD pada Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta).

RAZAQ, ABDUL (2015) Analisis Perspektif Good Governance dalam Pengelolaan Keuangan Partai Politik (Kajian Akuntabilitas, Transparansi, dan Responsivitas Penggunaan Dana APBD pada Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (159Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tuntutan akuntabilitas, transparansi, dan responsivitas sebagai bagian dari nilai-nilai good governance bagi partai politik tidak dapat dihindari. Partai politik sebagai organisasi publik berfungsi sebagai sarana pendidikan politik, penyerap, merumuskan, dan mengagregasikan kepentingan masyarakat, partisipasi dan rekrutmen politik. Partai politik dalam menjalankan fungsinya tidak semata terkait manajemen, SDM, namun juga sumber dan pengelolaan keuangan partai. Salah satu sumber keuangan bagi partai politik adalah bantuan dari pemerintah melalui APBN/APBD. Penelitian ini bertujuan menganalisis akuntabilitas dan transparansi Partai Demokrat DIY dalam pengelolaan keuangan yang bersumber dari dana APBD tahun anggaran 2011-2013 serta responsivitas dalam memberikan pelayanan informasi keuangan kepada stakeholders. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman dengan fokus DPD Partai Demokrat DIY yang dipilih secara purposive area, dengan pertimbangan pada Pemilu 2009 memperoleh suara 18,64% (290.552 suara) dengan 10 anggota DPRD DIY, sedangkan pada Pemilu 2014 sebanyak 6,65% (136.876 suara) dengan 2 anggota DPRD DIY. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan informan pengurus, kader, dan konstituen partai. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi partisipatif, indept interview dan dokumentasi. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas, transparansi dan resposivitas Partai Demokrat DIY rendah dan belum sesuai dengan harapan pengurus, kader dan konstituen partai. Akuntabilitas atas laporan pertanggungjawaban keuangan partai belum maksimal dilaksanakan sesuai dengan mekanisme partai dan terdapat catatan hasil audit BPK atas laporan pertanggungjawaban keuangan. Belum ada aturan teknis pelaksanaan atas transparansi pengelolaan keuangan partai dan laporan keuangan partai tidak disampaikan dalam rapat pengurus dan hanya diketahui ketua dan bendahara. Keluhan pengurus, kader dan konstituen partai sebatas ditampung dan belum ada tindaklanjut atas keluhan yang dimaksud, bahkan rapat pengurus dengan agenda khusus terkait keluhan belum pernah dilaksanakan, dan tindaklanjut atas keluhan tersebut tergantung pimpinan partai, ketersediaan dana, kondisi politik lokal dan kesesuaian dengan program DPP Partai Demokrat. Kata kunci : keuangan partai politik, Partai Demokrat, akuntabilitas, transparansi, responsivitas, good governance

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Administrasi Publik
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 19 Nov 2015 14:53
    Last Modified: 19 Nov 2015 14:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21674

    Actions (login required)

    View Item