LAPORAN TUGASAKHIR PENENTUANWAKTU TINGGAL DAN SUHU OPERASI PROSES PENGARANGAN KULIT BIJI KOPI DAN KULIT BIJI METE DENGAN ALAT SCREW PYROLYZER

Kusuma, Wahyu Abrina and Nugroho, Wahyu Slamet (2015) LAPORAN TUGASAKHIR PENENTUANWAKTU TINGGAL DAN SUHU OPERASI PROSES PENGARANGAN KULIT BIJI KOPI DAN KULIT BIJI METE DENGAN ALAT SCREW PYROLYZER. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (574Kb) | Preview

    Abstract

    Kulit biji kopi jenis Coffea robusta dan kulit biji mete jenis Anacardium occidentale merupakan hasil limbah pabrik dan berpotensi sebagai bahan baku pembuatan arang karena fisiknya padat dan keras serta memiliki kandungan karbon. Manfaat arang antara lain sebagai penyubur tanah dan sebagai adsorben. Tahap pembuatan arang dari kulit biji kopi jenis Coffea robusta dan kulit biji mete jenis Anacardium occidentale meliputi proses pengarangan. Proses pengarangan dilakukan dengan alat screw pyrolyzer. Proses tersebut merupakan proses pemanasan dengan membatasi oksigen. Lama waktu tinggal adalah variabel percobaan ini, yaitu berturut-turut 2,5 menit, 3 menit, dan 3,5 menit. Massa bahan masuk ke pyrolyzer sebesar 0,5 kg. Pada suhu udara panas yang diatur pada kisaran 290-315 oC, 346-360 oC, dan 365-390 oC dengan kecepatan 10 m/s. Hasil pengarangan yang mendekati analisa TekMIRA pada kondisi suhu udara panas 365-390 oC dengan lama waktu tinggal untuk kulit biji kopi 3,5 menit dan 2,5 menit untuk kulit biji mete. Pada kondisi tersebut, proses pengarangan kulit biji kopi menghasilkan 24% fixed carbon dan ash, sedangkan kulit biji mete menghasilkan 16% fixed carbon dan ash.

    Item Type: Other
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QC Physics
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Kimia
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 19 Nov 2015 08:26
    Last Modified: 19 Nov 2015 08:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21668

    Actions (login required)

    View Item