PENGARUH PENERAPAN MIND MAPS DAN COLLEGE BALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP AKUNTANSI PESERTA DIDIK SMK NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Wanny, (2015) PENGARUH PENERAPAN MIND MAPS DAN COLLEGE BALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP AKUNTANSI PESERTA DIDIK SMK NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (622Kb) | Preview

    Abstract

    Permasalahan peserta didik pada rendahnya pemahaman konsep akuntansi disebabkan oleh ketidakcocokan antara penerapan strategi pembelajaran dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif strategi pembelajaran yang tepat dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik. Untuk menanamkan pemahaman konsep peserta didik melalui pembelajaran yang bermakna dapat ditempuh dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif dengan teknik Mind Maps dan College Ball. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan Mind Maps dan College Ball terhadap pemahaman konsep akuntansi peserta didik SMK Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Randomized Control-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI Akuntansi A yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi B yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi 0,05/2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penerapan Mind Maps dan College Ball terhadap pemahaman konsep akuntansi peserta didik kelas XI SMK Negeri 3 Sukoharjo. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,702 > ttabel = 1,995 dan Pvalue = 0,009 < 0,05/2 sehingga hipotesis diterima. Teknik Mind Maps memengaruhi pola berpikir peserta didik yang kreatif, analitis, logis dan terstruktur sedangkan College Ball memengaruhi pola belajar peserta didik dengan dorongan atau motivasi belajar yang lebih tinggi. Perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (86,67 > 82,45) didukung dengan persentase aspek pemahaman konsep akuntansi menunjukkan bahwa melalui penerapan Mind Maps lebih dapat mengoptimalkan pemahaman konsep akuntansi peserta didik dibandingkan dengan College Ball. Kata kunci: strategi pembelajaran aktif, pola berpikir, pola belajar, motivasi belajar

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 19 Nov 2015 08:09
    Last Modified: 19 Nov 2015 08:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21664

    Actions (login required)

    View Item