PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG TRANSPARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGASEM IV LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Walgiyati, (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG TRANSPARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGASEM IV LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (220Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang melalui penggunaan media bangun ruang transparan pada siswa kelas V SD Negeri Karangasem IV Laweyan Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karangasem IV tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 38 siswa. Terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru kelas V, siswa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, sajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang mengalami peningkatan. Pada kondisi awal, yaitu 28,95% atau terdapat 11 siswa yang tuntas dari 38 siswa. Pada siklus I ketuntasan kelas meningkat menjadi 89,47% atau terdapat 34 siswa yang tuntas dari 38 siswa. Pada siklus II ketuntasan kelas meningkat lagi menjadi 94,74% atau terdapat 36 siswa yang tuntas dari 38 siswa. Dengan demikian indikator kinerja penelitian sebesar 80% telah tercapai. Nilai rata-rata pada kondisi awal, yaitu 66,58; pada siklus I meningkat menjadi 82,24; dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,47. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bangun ruang transparan dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri Karangasem IV Laweyan Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang, media bangun ruang transparan

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 19 Nov 2015 07:59
    Last Modified: 19 Nov 2015 07:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21663

    Actions (login required)

    View Item