PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE DRILL PENYUSUNAN KUBUS GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 55 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Sujud P, Wahita (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE DRILL PENYUSUNAN KUBUS GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 55 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (664Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode drill penyusunan kubus gambar pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 22 anak (11 laki-laki dan 11 perempuan). Sumber data adalah guru dan siswa. Pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode drill penyusunan kubus gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak pada setiap siklus. Ketuntasan pada pratindakan sebesar 9,09%, siklus I pertemuan 1 sebesar 27,27% , siklus I pertemuan 2 sebesar 40,91%, siklus II pertemuan 1 sebesar 50,00%, siklus II pertemuan 2 sebesar 59,09%, siklus III pertemuan 1 sebesar 72,73%, dan siklus III pertemuan 2 sebesar 81,82% Simpulan penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta dengan metode drill penyusunan kubus gambar. Kata Kunci: keterampilan berbicara, metode drill penyusunan kubus gambar

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 19 Nov 2015 07:30
    Last Modified: 19 Nov 2015 07:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21658

    Actions (login required)

    View Item