PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEHNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI GESI 1 KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

WIJI ARIATI, WIJI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEHNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI GESI 1 KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (310Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan Tehnik Make A Match dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan Tehnik Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan wawancara, tes, obsevasi, dan angket. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi metode. Teknis analisis dilakukan dengan cara penggumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Proses penelitian dilaksanakan tiga siklus, dalam tiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan Tehnik Make A Match dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gesi dapat dilaksanakan dengan baik. Siswa dapat diajak untuk belajar sambil bermain, dengan cara saling menjodohkan kartu yang dimilki. Pembelajaran IPS menjadi lebih menarik, siswa lebih mudah memahami isi materi yang disampaikan oleh guru, karena siswa telah mempersiapkan untuk belajar terlebih dahulu sebelum mengikuti pembelajaran. (2) Penelitian yang telah dilakukan terbukti bahwa hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran semakin meningkat. Pada pra siklus jumlah anak y yang mendapat nilai di atas 75 sebanyak 11 siswa (34,38%). Sedangkan Pada siklus I jumlah anak yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 14 siswa atau 43,75 % dari jumlah seluruh siswa. Pada siklus II yang mendapatkan nilai di atas KKM (75) sebanyak 23 siswa atau 71,8% dari jumlah siswa seluruhnya. Pada siklus III siswa yang mendapat nilai di atas 75 sebanyak 28 atau 87,9% dengan rata-rata kelasa 85,6. Kata Kunci : Cooperative Learning dengan Tehnik Make A Match, Pembelajaran IPS, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 19 Nov 2015 07:07
    Last Modified: 19 Nov 2015 07:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21656

    Actions (login required)

    View Item