APLIKASI DIGITAL SENJATA TRADISIONAL PULAU SULAWESI UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY

Annissa, Windy Marina Kemala (2015) APLIKASI DIGITAL SENJATA TRADISIONAL PULAU SULAWESI UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (644Kb) | Preview

    Abstract

    Augmented Reality merupakan terobosan baru dalam interaksi komputer dengan manusia. Konsepnya adalah menggabungkan dunia nyata dan dunia digital dengan objek berbentuk 3 dimensi atau 2 dimensi. Hal ini dilakukan dengan cara menggambar objek tiga dimensi pada marker, yakni sebuah pola dalam bingkai segi empat yang bersifat unik dan dapat dikenali oleh aplikasinya. Aplikasi yang bersangkutan menerima input berupa video stream, yang berarti menggunakan input berupa citraan dari perangkat keras yang berfungsi menangkap gambar, biasanya sebuah webcam. Karena berupa video stream, artinya gambaran yang ditangkap sebagai input akan berubah-ubah, dan program harus dapat tetap mengenali marker meskipun berubah posisi dan orientasi relatif terhadap perangkat input. Augmented Reality tidak seperti realitas maya yang yang sepenuhnya menggantikan apa yang ada di dunia nyata, namun hanya sekedar menambahkan atau melengkapi. Indonesia memiliki keragaman budaya yang amat kaya dan unik. Salah satunya adalah senjata tradisional. Senjata tradisional merupakan salah satu identitas suatu bangsa yang turut memperkaya kebudayaan Nusantara. Setiap daerah di Indonesia memiliki senjata tradisional yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Penulisan ilmiah ini bertujuan untuk membuat aplikasi pengenalan tentang senjata-senjata tradisional di Indonesia dengan menggunakan augmented reality, yang dapat digunakan sebagai media alternatif untuk memperkenalkan senjata–senjata tradisional dalam bentuk 3 Dimensi dan keterangan singkat mengenai senjata tradisional. Kata kunci : Augmented Reality, Senjata Tradisional, 3D.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 19 Nov 2015 06:28
    Last Modified: 19 Nov 2015 06:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21652

    Actions (login required)

    View Item