PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PADA SEKOLAH ALAM BENGAWAN SOLO DENGAN SEKOLAH REGULER

KAMILA, WILDANIA HILMY (2015) PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PADA SEKOLAH ALAM BENGAWAN SOLO DENGAN SEKOLAH REGULER. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (189Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Skor yang dimiliki oleh Sekolah Alam adalah 65,40 dengan kategori kecerdasan emosional yang tinggi dalam model pembelajaran experiental learning sedangkan untuk sekolah reguler memiliki skor 67, 73 dengan kategori lebih tinggi dibanding sekolah alam dalam menggunakan kurikulum 2006. Penelitian bertujuan mengetahui adanya perbedaan kecerdasan emosional anak pada Sekolah Alam dengan Sekolah Reguler. Metode: Observasional analitic dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Alam Bengawan Solo dan SDN 01 Serenan, Juwiring, Jawa Tengah. Pengambilan data secara total sampling sebanyak 64 responden, terbagi menjadi Sekolah Alam dan Sekolah Reguler. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Hasil: Sekolah Alam Bengawan Solo memiliki persentase kecerdasan emosional cukup (16,7%), baik (80%), sangat baik (3.3%), sedangkan persentase kecerdasan emosional SDN 01 Serenan cukup (6,7%), baik (86,7%) dan sangat baik (6,7%). Kesimpulan: Tidak ada perbedaan yang signifikan tentang kecerdasan emosional pada Sekolah Alam Bengawan Solo dan Sekolah Reguler dengn nilai p=0.201. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional Anak, Sekolah Alam, Sekolah Reguler.

    Item Type: Other
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 19 Nov 2015 06:21
    Last Modified: 19 Nov 2015 06:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21651

    Actions (login required)

    View Item