PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KATALOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 SURAKARTA

MERLYN, WIDALISMANA (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KATALOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 SURAKARTA. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KATALOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF
Download (200Kb) | Preview

    Abstract

    Merlyn Widalismana. S991308015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Katalog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Surakarta. Tesis. Pembimbing 1: Prof. Dr. Baedhowi, M.Si., Pembimbing 2: Dr. Hery Sawiji, M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis katalog yang valid untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis katalog untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan dengan metode reseacrh and development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis katalog menciptakan pembelajaran yang lebih efektif, dan memotivasi siswa menciptakan ide-ide kreatif dalam belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran berbasis katalog Hasil posttest nilai hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS 2 dan X IIS 3 antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa hasil rata-rata posttest kelas kontrol adalah 79,22 sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 82,66. Setelah dianalisis uji t-test dengan menggunakan Software IBM SPSS 21 didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.019 > α (0,05), yang menunjukkan bahwa H1 diterima berarti kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil posttest nilai hasil belajar ekonomi siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen juga dianalisis dengan rumus uji t-test. Harga t hitung yang didapatkan dari posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 2,404 dengan harga t tabel adalah 1,999. Dengan demikian thitung > ttabel, berarti peningkatan nilai hasil belajar ekonomi siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis katalog hasil pengembangan lebih meningkatkan nilai hasil belajar ekonomi siswa dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran seperti yang sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis katalog valid untuk meningkatkan hasil belajar dan media pembelajaran berbasis katalog efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Katalog, Hasil Belajar

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ana Ana Ana
    Date Deposited: 18 Nov 2015 16:44
    Last Modified: 18 Nov 2015 16:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21641

    Actions (login required)

    View Item