Efektivitas Peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Dalam Pelaksanaan Program Perluasan dan Percepatan Perlindungan Sosial (P4S) di Kota Surakarta (Studi Kasus Kecamatan Pasar Kliwon)

HASANAH, Banan Syahidah (2015) Efektivitas Peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Dalam Pelaksanaan Program Perluasan dan Percepatan Perlindungan Sosial (P4S) di Kota Surakarta (Studi Kasus Kecamatan Pasar Kliwon). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (170Kb) | Preview

    Abstract

    Banan Syahidah Hasanah. D0111019. Efektivitas Peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Dalam Pelaksanaan Program Perluasan dan Percepatan Perlindungan Sosial (P4S) di Kota Surakarta (Studi Kasus Kecamatan Pasar Kliwon). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2015. Tahun 2013 pemerintah membuat Program Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (P4S). Program Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (P4S) merupakan program yang dibuat guna melindungi Rumah Tangga miskin dan rentan terhadap permasalahan ekonomi jangka pendek yang terdiri dari program Raskin, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM). Di dalam penyelenggaraan Program Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (P4S), pemerintah melibatkan TKSK. TKSK memiliki peran sebagai Administrator, Koordinator dan Fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peran TKSK dalam pelaksanaan P4S di Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif.Informan ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, analisis dokumen dan metode penelusuran data online. Validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analis data menggunakan tiga langkah, yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa peran TKSK dalam P4S dilihat dari 2 program yaitu Raskin dan BSM sudah cukup efektif. Peran TKSK dalam P4S juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor pendukung yaitu TKSK memiliki peran strategis antara pemerintah dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu belum adanya fasilitas yang disediakan oleh pemerintah Kata kunci: Efektivitas, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Program Perluasan dan Percepatan Perlindungan Sosial (P4S)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 18 Nov 2015 15:35
    Last Modified: 18 Nov 2015 15:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21632

    Actions (login required)

    View Item