EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL Jl. LAWU – Jl. KAPTEN MULYADI – Jl. KARANGANYAR-MATESIH (SIMPANG EMPAT SIWALUH)

HASWANDANY, ATNIEL EFRATA (2015) EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL Jl. LAWU – Jl. KAPTEN MULYADI – Jl. KARANGANYAR-MATESIH (SIMPANG EMPAT SIWALUH). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (429Kb) | Preview

    Abstract

    ATNIEL EFRATA H., 2015, “EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL Jl. LAWU – Jl. KAPTEN MULYADI – Jl. KARANGANYARMATESIH (SIMPANG EMPAT SIWALUH)” Pertumbuhan sarana transportasi yang jauh lebih cepat dibandingkan pertumbuhan prasarana jalan menyebabkan gangguan terhadap arus lalu lintas, sehingga terjadi kemacetan terutama jika tidak adanya pengaturan-pengaturan yang efektif.Pengaturan dengan menggunakan lampu lalu lintas termasuk yang paling efektif terutama jika volume lalu lintas pada simpang relatif padat. Tugas Akhir ini bertujuan melakukan analisis kinerja Simpang Tak Bersinyal, melakukan perbaikan, menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta time schedule. Cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer, dan mengumpulkan data sekunder dari beberapa instansi. Data tersebut antara lain volume lalu lintas, geometri dan harga satuan yang kemudian diolah dengan menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan program Microsoft Excel 2013. Beberapa indikator hasil analisa pada simpang bersinyal tersebut yaitu derajat kejenuhan, panjang antrian, tundaan. Dari hasil analisis didapat derajat kejenuhan dan panjang antrian secara berurutan yaitu pada hari Kamis untuk pendekat Jl.Lawu Barat 0,778; 36 m, pendekat Jl. Lawu Timur Laut 0,778; 87 m. Tundaan simpang rata-rata untuk hari kamis 12,94 dtk/smp. Perbaikan yang dilakukan pemasangan APILL, pemasangan rambu belok kiri jalan terus, rambu belok kiri mengikuti lampu dan rambu dilarang parkir serta renovasi marka. Biaya yang diperlukan untuk perbaikan tersebut adalah Rp 137.007.000,-. Waktu / time schedule yang diperlukan untuk pemasangan traffic light adalah selama 13 hari. Kata-kata kunci : Kinerja Simpang Tak Bersinyal, MKJI 1997, Kinerja Simpang Bersinyal, MKJI 1997, Data Primer dan Data Sekunder Survei Lalu Lintas Lapangan, Pemasangan APILL.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Depositing User: rifqi imaduddin
    Date Deposited: 17 Nov 2015 14:46
    Last Modified: 17 Nov 2015 14:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21589

    Actions (login required)

    View Item