PEMANFAATAN INFORMASI ENSO GUNA EVALUASI PENANGGALAN BERCOCOK TANAM PRANATA MANGSA SEBAGAI UPAYA ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM

PRATIWI, MARIA NATALIA (2015) PEMANFAATAN INFORMASI ENSO GUNA EVALUASI PENANGGALAN BERCOCOK TANAM PRANATA MANGSA SEBAGAI UPAYA ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (284Kb) | Preview

    Abstract

    PEMANFAATAN INFORMASI ENSO GUNA EVALUASI PENANGGALAN BERCOCOK TANAM PRANATA MANGSA1) Maria Natalia Pratiwi2), Komariah3), Noorhadi4) Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ABSTRAK Swasembada pangan yang gencar dicanangkan tanpa menghiraukan adanya perubahan iklim dapat berdampak pada sistem pola tanam dan hasil panen. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan kembali pada kearifan lokal, antara lain pranata mangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan ENSO dengan dinamika cuaca lokal dan pranata mangsa selanjutnya mengevaluasi pranata mangsa. Penelitian dilaksanakan pada Juni hingga Desember 2014 di Desa Pucangmiliran (Kecamatan Tulung), Desa Karangpandan (Kecamatan Karangpandan) dan Desa Pereng (Kecamatan Mojogedang) dengan metode survei bersifat deskriptif eksploratif. Analisis data menggunakan uji korelasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dari instansi terkait. ENSO berpengaruh kecil terhadap curah hujan dan pranata mangsa, sedangkan curah hujan memiliki hubungan erat dengan pranata mangsa sehingga digunakan untuk mengevaluasi pranata mangsa. Kata kunci: perubahan iklim, cuaca lokal, curah hujan 1) Makalah ini disampaikan pada seminar hasil penelitian tingkat Sarjana Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tanggal 10 Juli 2015. 2) Penulis adalah mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. 3) Pembimbing Utama dari Penulis. Pembimbing Pendamping dari Penulis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 17 Nov 2015 08:44
    Last Modified: 17 Nov 2015 08:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21576

    Actions (login required)

    View Item