PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR ATOM, SISTEM PERIODIK, DAN IKATAN KIMIA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Retnani, Fidha Yusti (2014) PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR ATOM, SISTEM PERIODIK, DAN IKATAN KIMIA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (108Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) motivasi belajar kimia pada materi pokok struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 dengan penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) disertai macromedia flash, (2) prestasi belajar pada materi pokok struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 dengan penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) disertai macromedia flash. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (angket, observasi, dan wawancara). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together disertai macromedia flash dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia. Hal ini dapat dilihat dalam siklus I dimana persentase motivasi belajar siswa tinggi adalah 77,50% dan meningkat menjadi 79,84% pada siklus II, (2) penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together disertai macromedia flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia. Dalam penelitian ini prestasi belajar mencakup dua aspek yaitu, kognitif dan afektif. Persentase prestasi belajar kognitif pada siklus I sebesar adalah 58,33% dengan nilai rata-rata 74,11 dan meningkat menjadi 87,50% dengan nilai rata-rata 84,72 pada siklus II. Persentase prestasi belajar afektif pada siklus I adalah 77,86% meningkat menjadi 78,00% pada siklus II. Kata kunci: Numbered Heads Together, Macromedia Flash, struktur atom, sistem periodik, ikatan kimia, motivasi, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 16 Nov 2015 05:45
    Last Modified: 16 Nov 2015 05:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21551

    Actions (login required)

    View Item