ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SLOW LEARNERS DI KELAS INKLUSI (Penelitian Dilakukan Di SD Al Firdaus Surakarta)

Hadi, Fika Rahmantika (2014) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SLOW LEARNERS DI KELAS INKLUSI (Penelitian Dilakukan Di SD Al Firdaus Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (108Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses pembelajaran matematika di kelas inklusi yang meliputi kesiapan guru sebelum proses pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi serta tindak lanjut; (2) Faktor atau kendala yang dialami anak berkebutuhan khusus (ABK) slow learners saat proses pembelajaran matematika di kelas inklusi dan penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru matematika dan guru pendamping khusus. Teknik yang digunakan dalam pengambilan subjek adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi dan wawancara. Teknik untuk memvalidasi data dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan setiap selesai satu kompetensi dasar dan adanya modifikasi RPP untuk ABK slow learners. Modifikasi tersebut antara lain modifikasi indikator keberhasilan, waktu, materi dan soal. Sebelum proses pembelajaran dimulai, media khusus telah disiapkan guru untuk ABK slow learners. Media khusus dapat berbentuk puzzle, papan penjodohan atau media yang dibuat menarik agar ABK slow learners tidak cepat bosan. Dalam tahap evaluasi dan tindak lanjut, guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling untuk siswa reguler atau ABK yang mengalami kesulitan dengan dibantu guru pendamping khusus (GPK). (2) Faktor atau kendala yang dialami ABK slow learners adalah kesulitan dalam menanamkan konsep matematika, selain itu juga dapat kehilangan ketertarikan terhadap tugas yang diberikan oleh guru dan menolak untuk melanjutkan mengerjakan tugas ketika mereka bosan. Guru menyelesaikan kendala tersebut dengan memberikan penanaman konsep-konsep dasar matematika secara bertahap dan intens, memberikan tambahan waktu belajar, memberikan motivasi dan pemberian reward. Kata kunci: proses pembelajaran matematika, anak berkebutuhan khusus (ABK) slow learners, inklusi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 16 Nov 2015 05:38
    Last Modified: 16 Nov 2015 05:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21550

    Actions (login required)

    View Item