ANALISIS REALISASI ANGGARAN OPERASIONAL SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA KEUANGAN PADA PDAM TIRTA DHARMA KOTA SURAKARTA TAHUN ANGGARAN 2012-2014

WICAKSONO, ANDREAS HARGO (2015) ANALISIS REALISASI ANGGARAN OPERASIONAL SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA KEUANGAN PADA PDAM TIRTA DHARMA KOTA SURAKARTA TAHUN ANGGARAN 2012-2014. Other thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

[img]
Preview
PDF
Download (306Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS REALISASI ANGGARAN OPERASIONAL SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA KEUANGAN PADA PDAM TIRTA DHARMA KOTA SURAKARTA TAHUN ANGGARAN 2012-2014 ANDREAS HARGO WICAKSONO F3412010 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam realisasi anggaran operasional pada PDAM Tirta Dharma Surakarta. Analisis realisasi anggaran operasional dilakukan dari tahun 2012 sampai 2014. Penyimpangan (varian) yang terjadi diharapkan dapat ditekan dan ditemukan jalan keluar sehingga dapat dijadikan acuan perusahaan untuk memperbaiki kinerja keuangan secara efektif dan efisien di periode selanjutnya. Penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya penyimpangan-penyimpangan dalam analisis realisasi anggaran operasional PDAM Tirta Dharma Surakarta. Alat analisis yang digunakan penulis berupa analisis varians, penulis melakukan perhitungan penyimpangan dalam bentuk persentase. Persentase penyimpangan merupakan hasil perhitungan penyimpangan dalam rupiah dibagi dengan anggaran dan dikalikan 100%. Berdasarkan penelitian, PDAM Tirta Dharma Surakarta dalam tahun 2012 sampai 2014 menunjukan bahwa penyimpangan yang terjadi antara akun biaya langsung usaha dengan pendapatan berbanding terbalik. Pada akun biaya langsung usaha selalu menunjukan kinerja keuangan yang lebih baik dari tahun ke tahun, hal tersebut tercermin dari rekapitulasi penyimpangan yang selalu mengarah ke arah positif. Berbeda dengan akun pendapatan, berdasarkan rekapitulasi penyimpangan yang terjadi mengalami penurunan kinerja keuangan dari setiap tahunnya. Kata kunci: Realisasi Anggaran Operasional, Biaya Langsung Usaha, Pendapatan, Varians.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Roikhatul Miskiyah
    Date Deposited: 14 Nov 2015 13:23
    Last Modified: 14 Nov 2015 13:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21531

    Actions (login required)

    View Item