Evaluasi Tingkat Pelayanan Jembatan Penyeberangan Orang (Studi Kasus Jembatan Penyeberangan Pasar Kartosuro Sukoharjo)

ALAM, HABIB KURNIA (2015) Evaluasi Tingkat Pelayanan Jembatan Penyeberangan Orang (Studi Kasus Jembatan Penyeberangan Pasar Kartosuro Sukoharjo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (349Kb) | Preview

    Abstract

    Habib Kurnia Alam, 2015, Evaluasi Tingkat Pelayanan Jembatan penyeberangan Orang (Studi Kasus Jembatan Penyeberangan Pasar Kartosuro Sukoharjo). Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Jembatan penyeberangan orang (JPO) merupakan fasilitas bagi pejalan kaki agar aman dan nyaman ketika menyeberang jalan. Namun JPO Pasar Kartosuro tidak digunakan secara efektif sesuai fungsi. Meskipun lokasi JPO berada di depan pasar dan ruas jalan dibatasi median beton, masih banyak pejalan kaki yang menyeberang di jalan langsung. Penelitian ini mengevaluasi JPO Pasar Kartosuro, Sukoharjo, dari segi hubungan variabel pergerakan pejalan kaki (arus, kecepatan, kepadatan, ruang); efektivitas dan tingkat pelayanan fasilitas; kesesuaian persyaratan desain dan lokasi fasilitas; serta karakteristik penguna fasilitas. Metode survei digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data primer volume dan waktu tempuh penyeberang jembatan, kondisi eksisting fisik jembatan dan karakteristik pengguna jembatan. Sedangkan metode analisis yang digunakan untuk menghitung kapasitas jembatan yaitu metode Greenshields, Greenberg, dan Underwood. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai korelasi terbesar untuk hubungan antara kecepatan dan kepadatan menggunakan model Greenberg sebesar r = -0,3598. Efektivitas penggunaan JPO diperoleh sebesar 23,294 % dengan kategori “Tidak Efektif” dan karakteristik pengguna JPO didominasi perempuan usia dewasa produktif >30 tahun; berpendidikan SMA; profesi pelajar; asal perjalanan rumah; tujuan perjalanan sekolah. Adapun tingkat pelayanan JPO diperoleh kategori “A”. Kondisi fasilitas JPO yang belum terpenuhi antara lain : dimensi anak tangga; jarak minimum dari persimpangan; konstruksi jembatan bukan dari beton pracetak, tinggi minimum sandaran jembatan; relokasi lapak pedagang yang menghalangi akses tangga jembatan; penyediaan atap, lampu penerangan dan jalur khusus ramp. Tipe dan Lokasi fasilitas sudah tepat namun responden tidak selalu menggunakan jembatan. Alasan dipergunakannya jembatan karena keamanan dan tidak digunakannya jembatan karena faktor lelah dan ketidaknyamanan. Kondisi JPO belum aman dan nyaman. Oleh karena itu, JPO Pasar Kartosuro perlu perbaikan fisik dan desain. Kata Kunci : Efektivitas, Jembatan penyeberangan, Level of Service, Greenberg, Greenshield, Underwood

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 13 Nov 2015 11:15
    Last Modified: 13 Nov 2015 11:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21523

    Actions (login required)

    View Item