NAMA MARGA KETURUNAN ARAB HADHRAMI DI PASAR KLIWON SURAKARTA: KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK

KAFAABILLAH, DITA (2015) NAMA MARGA KETURUNAN ARAB HADHRAMI DI PASAR KLIWON SURAKARTA: KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (208Kb) | Preview

    Abstract

    “Marga” merupakan hasil dari proses kebudayaan secara turun-temurun. Suatu marga menyimpan harapan, doa, cita-cita leluhur, peristiwa, serta sejarah kehidupan seseorang. Penelitian yang difokuskan di wilayah Kelurahan Pasar Kliwon Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta ini mengambil sampel berupa marga keturunan Arab Hadhrami golongan Alawiyyin. Penelitian ini mengkaji marga-marga tersebut melalui pendekatan secara morfemis dengan pengkategorisasian marga-marga yang ditinjau dari segi jumlah kata penyusun dan pola (wazan) pembentukannya. Di samping itu, penelitian ini juga mengkaji sistem pemargaan yang ditinjau dari aspek penamaan dan pemaknaannya. Penelitian ini memanfaatkan metode cakap dengan teknik pancing dalam menggali sumber-sumber data. Adapun dalam analisis data, penelitian ini memanfaatkan metode agih dengan teknik Bagi Unsur langsung (BUL) dan metode padan referensial, dengan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP), dan teknik lanjutan Hubung Banding Menyamakan (HBS). Hasil analisis data penelitian ini disajikan secara informal. Penelitian terhadap nama marga keturunan Arab Hadhrami di Pasar Kliwon menghasilkan empat kesimpulan. Pertama, melalui pendekatan jumlah kata penyusunnya, marga keturunan Arab Hadhrami tersebut terbagi menjadi tiga jenis, yaitu marga yang terdiri dari satu huruf (charf), satu kata (mufrad), dan dua kata (murakkab). Kedua, ditinjau dari segi polanya, marga ini terbagi menjadi delapan jenis pola, yaitu: asma>ul-churu>f (nama partikel), ismul-fa>’il (agent noun), shiyaghul-muba>laghah (superlativeness), ismul-maf’u>l (patient noun), shifah musyabbahah bi ismil-fa>’il (similar quality), ismu’d-dza>t (concrete noun), masdhar (original noun), dan ismul-murakkab (composite). Ketiga, ditinjau dari konsep penamaannya, marga-marga tersebut terbagi menjadi lima konsep penamaan. Adapun, konsep penamaan tersebut yaitu: penamaan berdasarkan penyebutan sifat, kebiasaan, peristiwa, tempat, dan nama tokoh. Keempat, ditinjau dari konsep pemaknaannya, marga tersebut terbagi menjadi tiga macam makna, yaitu: makna futuratif, situasional, dan makna kenangan. Kata Kunci: Antropolinguistik, Keturunan Arab Hadhrami, Marga, Pasar Kliwon.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Arab
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 11 Nov 2015 10:53
    Last Modified: 11 Nov 2015 10:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21487

    Actions (login required)

    View Item