EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK SISWA SMP NEGERI KELAS VIII SEKOTA MADIUN

Pradana, Lingga Nico (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK SISWA SMP NEGERI KELAS VIII SEKOTA MADIUN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (374Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT dengan pendekatan CTL, model pembelajaran NHT, dan model pembelajaran langsung, (2) manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang memiliki kecerdasan bahasa, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan spasial, dan kecerdasan interpersonal, (3) untuk mengetahui manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT dengan pendekatan CTL, model pembelajaran NHT, dan model pembelajaran langsung, pada masing-masing tipe kecerdasan majemuk, (4) manakah prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang memiliki kecerdasan bahasa, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan spasial, dan kecerdasan interpersonal, pada masing-masing tipe model pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri kelas VIII sekota Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 266 siswa dengan 91 siswa pada kelas eksperimen I, 88 siswa pada kelas eksperimen II dan 87 siswa pada kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah tes dan angket. Sebelum digunakan tes diuji coba validiatas isi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas sedangkan angket diuji coba validitas isi, konsistensi internal dan reliabilitas. Sebelum eksperimen dimulai, terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Prasyarat uji yang digunakan adalah uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Uji komparasi ganda dilakukan dengan metode scheffe’. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) prestasi belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran NHT-CTL lebih baik daripada model pembelajaran NHT dan model pembelajaran langsung, sedangkan model pembelajaran NHT sama baiknya dengan model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan tipe kecerdasan bahasa, logis-matematis, interpersonal, dan spasial mempunyai prestasi yang sama, (3) pada masing-masing tipe kecerdasan majemuk, prestasi belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran NHT-CTL lebih baik daripada model pembelajaran NHT dan model pembelajaran langsung, sedangkan prestasi belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran NHT sama baiknya dengan model pembelajaran langsung (4) pada masing-masing model pembelajaran, prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan bahasa, logis-matematis, interpersonal, dan spasial sama baiknya. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, pendekatan CTL, kecerdasan majemuk, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 11 Nov 2015 04:42
    Last Modified: 11 Nov 2015 04:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21474

    Actions (login required)

    View Item