OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KOLABORASI MELALUI KLARIFIKASI NILAI UNTUK PENGUATAN KOMPETENSI BELAJAR SEJARAH DAN KARAKTER PESERTA DIDIK(Studi Pada Siswa Kelas X TMO A SMK N 2 Salatiga / Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013)

Wulandari, Lina (2014) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KOLABORASI MELALUI KLARIFIKASI NILAI UNTUK PENGUATAN KOMPETENSI BELAJAR SEJARAH DAN KARAKTER PESERTA DIDIK(Studi Pada Siswa Kelas X TMO A SMK N 2 Salatiga / Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (58Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu produk model internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran Sejarah melalui Model Value Clarification Technique sebagai revitalisasi peran pembelajaran Sejarah dalam pembentukan karakter bangsa. Secara garis besar tahapan penelitian meliputi (1) pra survei untuk mengidentifikasi kondisi pembelajaran nilai karakter pada pembelajaran Sejarah SMK yang sedang berjalan, (2) pengembangan model berdasarkan hasil prasurvai, model yang digunakan adalah model Suharsimi Arikunto (2008) dalam Nunuk suryani MIIP (2010), dan (3) validasi model. Pengembangan model dilaksanakan dengan ujicoba terbatas dan uji coba luas. Temuan penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa model Value Clarifivation Tehnique (Teknik Klarifikasi Nilai) efektif mengkolaborasikan nilai karakter dalam pembelajaran Sejarah. Model Value Clarivication Tehnique (Teknik Klarifikasi Nilai ) efektif untuk meningkatkan peran pembelajaran Sejarah dalam pembentukan karakter siswa yang pada gilirannya dapat meningkatkan pembentukan karakter bangsa. Sehingga dapat disimpulkan model VCT efektif untuk meningkatkan kualitas proses dan produk pembelajaran nilai karakter pada mata pelajaran Sejarah SMK khususnya di Salatiga. Kata kunci : Kolaborasi nilai karakter,Model VCT,Pembelajaran Sejarah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 11 Nov 2015 03:29
    Last Modified: 11 Nov 2015 03:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21466

    Actions (login required)

    View Item