PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN DAN BELAJAR MANDIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Novitasari, Lia (2013) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN DAN BELAJAR MANDIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (104Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan: (1) pemberian penguatan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi; (2) belajar mandiri terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi; (3) pemberian penguatan dan belajar mandiri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 86 siswa. Sampel yang diambil sebesar 60% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 51 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket/ kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan analisis korelasi dan regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan pemberian penguatan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rhitung> rtabelatau 0,468 > 0,276 pada taraf signifikansi 5%; (2) Ada pengaruh yang signifikan belajar mandiri terhadap prestasi belajar mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rhitung> rtabel atau 0,525 > 0,276 pada taraf signifikansi 5%; (3) Ada pengaruh yang signifikan pemberian penguatan dan belajar mandiri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung> Ftabel atau 20,195 > 3,191 pada taraf signifikansi 5%. Temuan lain dalam penelitian ini adalah persamaan regresi linear ganda Ŷ = 27,581 + 0,322 X1 + 0,489 X2 yang berarti bahwa rata-rata prestasi belajar Melakukan Prosedur Administrasi akan meningkat atau menurun sebesar 0,322 pada peningkatan atau penurunan satu unit pemberian penguatan, dan akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,489 pada peningkatan atau penurunan satu unit belajar mandiri. Sedangkan Sumbangan relatif pemberian penguatan terhadap prestasi belajar sebesar 43,82% dan sumbangan relatif belajar mandiri terhadap prestasi belajar sebesar 56,18%. Sedangkan sumbangan efektif pemberian penguatan terhadap prestasi belajar sebesar 20,02% dan sumbangan efektif belajar mandiri terhadap prestasi belajar sebesar 25,68%. Kata Kunci: pemberian penguatan, belajar mandiri, dan prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 11 Nov 2015 02:28
    Last Modified: 11 Nov 2015 02:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21458

    Actions (login required)

    View Item