IMPROVING STUDENTS’ SKILL IN FINDING MAIN IDEA IN LISTENING COMPREHENSION BY USING AUTHENTIC MATERIALS(An Action Research at the First Grade of English Department in Galuh University Ciamis in the Academic Year of 2012/2013)

Irianti, Leni (2014) IMPROVING STUDENTS’ SKILL IN FINDING MAIN IDEA IN LISTENING COMPREHENSION BY USING AUTHENTIC MATERIALS(An Action Research at the First Grade of English Department in Galuh University Ciamis in the Academic Year of 2012/2013). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (133Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah audio penutur asli dapat meningkatkan: (1) kemampuan menemukan ide utama dalam kelas mendengarkan para siswa tingkat satu Program Studi Bahasa Inggris UNIGAL, (2) kondisi kelas menjadi aktif. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai kemampuan menemukan ide utama siswa yang ditemukan di pra-penelitian. Fokus dalam penelitian ini adalah penggunaan audio penutur yang asli yang bisa memberikan pengalaman belajar yang berbeda, khususnya di kelas mendengarkan. Oleh karena itu audio tidak hanya menciptakan kegiatan belajar pembelajaran yang lebih baik, akan tetapi meningkatkan kemampuan mereka dalam menemukan gagasan utama dalam kelas mendengarkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dimulai dari Juni 2013 hingga Oktober 2014 pada siswa tingkat pertama program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Galuh Ciamis. Prosedur penelitian mencakup identifikasi masalah dan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang dianalisis merupakan data kwantitatif dan kwalitatif. Data kwantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik secara deskriptif, sedangkan data kwantitatif dianalisis dalam beberapa tahapan seperti reduksi data, pendeskripsian data, simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan audio penutur asli dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan gagasan utama dalam mendengarkan bahasa Inggris dan kondisi kelas menjadi aktif. Siswa mampu mengidentifikasi topik. Selain itu mereka mudah menemukan lokasi gagasan utama dan mampu menemukan kalimat pendukung sehingga mampu memahami isi pembicaraan. Hal ini bisa dilihat dari hasil akhir setiap siklus mulai dari siklus 1 dengan nilai rata-rata 7.09, siklus 2 dengan nilai rata-rata 7.55, dan siklus 3 dengan nilai rata-rata paling tinggi yaitu 8. Hasil penelitian terkait kondisi kelas juga menunjukkan bahwa siswa di kelas mampu mendengarkan secara seksama, menyenangkan dan motivatif dimana siswa terdorong untuk bisa berkonsentrasi dengan penuh. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, terutama dalam kemampuan siswa menemukan gagasan utama dalam kelas menyimak, guru bahasa Inggris bisa menggunskan media yang menarik seperti audio penutur asli yang bisa membuat kelas lebih menarik sehingga siswa bisa berpartisipasi di dalam kelas. Kata Kunci: Kemampuan siswa dalam menyimak, audio penutur asli, Gagasan Utama, dan Kondisi Kelas Menyimak.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Inggris - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 11 Nov 2015 02:03
    Last Modified: 11 Nov 2015 02:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21455

    Actions (login required)

    View Item