PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENTTERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI HYPERMARTSOLO SQUARE PADA TAHUN 2014

Prastiti, Leni Ayu (2014) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENTTERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI HYPERMARTSOLO SQUARE PADA TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (106Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh yang signifikan customer relationship managementyang terdiri dari continuity marketing, one to one marketing, dan partnering progamterhadap loyalitas pelanggan di Hypermart Solo Square. (2) mengetahui pengaruh yang signifikan continuity marketing terhadap loyalitas pelanggan di HypermartSolo Square. (3) mengetahui pengaruh yang signifikan one to one marketingterhadap loyalitas pelanggan di Hypermart Solo Square. (4) mengetahui pengaruh yang signifikan partnering progam terhadap loyalitas pelanggan di HypermartSolo Square. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan HypermartSolo Square yang telah berbelanja minimal sebanyak dua kali. Tekniksampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota samplingdan incidental samplingdengan besar jumlah sampel ditentukan sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Uji prasyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik yang meliputi: normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, autokorelasi, dan linearitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Adanya pengaruh yang signifikan customer relationship management yang terdiri dari continuity marketing, one to one marketing, dan partnering progam terhadap loyalitas pelanggan di HypermartSolo Square. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. (2) Hasil perhitungan data untuk variabel continuity marketingmemiliki tingkat signifikansi 0,019; variabel one to one marketing memiliki tingkat signifikansi 0,011 dan variabel partnering progam memiliki tingkat signifikansi 0,004 maka dapat disimpulkan bahwa variabel continuity marketing, one to one marketing, dan partnering progam memilki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan di HypermartSolo Square. (3) Berdasarkan hasil perhitungan data nilai Adjusted R Squaresebesar 0,332 sehingga dapat diartikan bahwa 33,2% loyalitas pelanggan di HypermartSolo Squaredipengaruhi oleh customer relationship management sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 11 Nov 2015 01:57
    Last Modified: 11 Nov 2015 01:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21454

    Actions (login required)

    View Item