STRATEGI MEMASUKI PASAR EKSPOR PADA PT. JATI AGUNG ARSITAMA DI GROGOL SUKOHARJO

Kumalahati, Laili (2014) STRATEGI MEMASUKI PASAR EKSPOR PADA PT. JATI AGUNG ARSITAMA DI GROGOL SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (64Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui cara memasuki pasar ekspor pada PT. Jati Agung Arsitama serta untuk mengetahui masalah apa saja yang dihadapi dalam memasuki pasar ekspor di PT. Jati Agung Arsitama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analaitif yaitu dengan mengintreprestasikan (membaca, menyimak dan membandingkan) data yang ada kemudian menguraikan untuk menarik kesimpulan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan sekunder. Data primer meliputi hasil wawancara langsung dengan pihak yang terkait, dalam hal ini dengan staf dan karyawan PT. Jati Agung Arsitama. Data sekunder diperoleh dari buku-buku berkaitan tentang strategi memasuki pasar ekspor, serta berbagai literature penunjang tugas akhir lainnya yang diberikan PT. Jati Agung Arsitama kepada penulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Jati Agung Arsitama telah memasuki pasar ekspor dan sudah menerapkan beberapa strategi memasuki pasar ekspor dengan baik. PT. Jati Agung Arsitama juga memiliki masalah dalam memasuki pasar ekspor dan dapat menghadapi masalah tersebut seperti: masalah produksi, pemasaran, penanganan ekspor, fasilitas, dan kendala ekspor. Saran yang dapat diajukan adalah perusahaan sebaiknya menyiapkan surat perkenalan usaha dan komoditi dengan cara mengirimkan surat perkenalan kepada badan asosiasi importir di negara tujuan ekspor atau atas perdagangan asing serta calon pembeli lainnya. Surat perkenalan dilengkapi dengan brosur dan daftar harga dari komoditi yang akan diperkenalkan. Selain itu perusahaan sebaiknya dalam kegiatan promosi membuat brosur dan price list atau daftar harga, supaya calon pembeli mendapat gambaran mengenai bentuk visual komoditi yang ditawarkan. Kita juga perlu menyiapkan daftar harga agar pembeli dapat mempertimbangkan harga tersebut dengan harga komoditi serupa di negara lain. Kata Kunci: Strategi pasar Ekspor, Masalah Ekspor

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 07 Nov 2015 20:32
    Last Modified: 07 Nov 2015 20:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21412

    Actions (login required)

    View Item