KARAKTERISTIK HASIL DESTILASI TAR TEMPURUNG KELAPA DENGAN MODIFIKASI PENAMBAHAN CRUMB RUBBER DITINJAU DARI SPESIFIKASI ASPAL KERAS

HASIBUAN, ALI WAHID (2015) KARAKTERISTIK HASIL DESTILASI TAR TEMPURUNG KELAPA DENGAN MODIFIKASI PENAMBAHAN CRUMB RUBBER DITINJAU DARI SPESIFIKASI ASPAL KERAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (88Kb) | Preview

    Abstract

    Hasil destilasi Tar tempurung kelapa merupakan zat cair yang didapat dari pembuatan arang tempurung kelapa, dengan asap yang timbul kemudian di tampung yang disebut Tar. Hasil destilasi Tar tempurung kelapa mengandung karbonil yang tinggi sehingga warna Tar coklat kehitaman. Hasil destilasi Tar juga merupakan bahan yang termoplastis. Bahan tambah Tar tempurung kelapa pada penelitian ini menggunakan Crumb Rubber. Sifat lentur Crumb Rubber diharapkan dapat menurunkan nilai penetrasi Tar tempurung kelapa yang tinggi dan meningkatkan nilai daktilitas. Crumb Rubber yang digunakan dalam penelitian ini adalah Crumb Rubber yan lolos saringan no. 100. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Persentase Crumb Rubber dalam pengujian ini adalah 0%, 3%, 5%, 7% dari berat Tar tempurung kelapa. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian penetrasi, daktilitas, titik lembek, titik nyala dan bakar, berat jenis, dan kelekatan bitumen terhadap agregat. Pengolahan data menggunakan software Microsoft Excel untuk melakukan perhitungan dan analilis regresi sederhana yang dibutuhkan. Hasil pengujian yang dilakukan terhadap bahan Tar tempurung kelapa dengan penambahan Crumb Rubber, mengalami penurunan nilai hasil pengujian kecuali pada uji penetrasi yang mengalami peningkatan nilai penetrasi. Bahan pengikat Tar tempurung kelapa dengan penambahan Crumb Rubber masih belum mampu memenuhi beberapa persyaratan SNI seperti uji daktilitas SNI 06-2432-1991 yang mensyaratkan nilai minimal 100cm, sehingga bahan ini belum siap untuk digunakan dalam campuran perkerasan jalan dan masih perlu pengembangan selanjutnya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 06 Nov 2015 14:46
    Last Modified: 06 Nov 2015 14:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21387

    Actions (login required)

    View Item