PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS R.A KARTINI KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2012/2013

Hermawan, Puput (2013) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS R.A KARTINI KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (98Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Se-Gugus R.A Kartini Kemusu Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Design penelitian yang digunakan adalah Control Group Pre-tets Post-test. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester II SD Se-Gugus R.A Kartini Kemusu Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Cluster Random Sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data meliputi tes, obsevasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis. Untuk uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan metode chikuadrat dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Berdasarkan hasil analisis terhadap uji t menunjukkan thitung > ttabel (3,50 > 2,001), sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar IPA pada siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction. Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar IPA pada siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction. Kata Kunci : Model kooperatif tipe Course Review Horay (CRH), pembelajaran langsung (Direct Instruction), hasil belajar IPA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 06 Nov 2015 00:19
    Last Modified: 06 Nov 2015 00:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21373

    Actions (login required)

    View Item