PENGGUNAAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Krecek, Delanggu, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013)

Anggarini, Kurnia Tri (2013) PENGGUNAAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Krecek, Delanggu, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (126Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi kelas V SDN Krecek, Delanggu, Klaten tahun ajaran 2011/2012 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Krecek, Delanggu, Klaten. Sumber data berasal dari siswa kelas V, guru kelas V dan dokumen. Sumber data berasal dari siswa kelas V, guru kelas V dan dokumen. Pengumpulan data digunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan validitas isi. Analisis data menggunakan model analisis Interaktif. Analisis interaktif terdiri atas tiga komponen, yaitu: reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Metode peta pikiran dapat meningkatkan ketrampilan menulis puisi siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus nila i rata-rata 64,75, sikuls pertama 71,4 dan siklus kedua 81,3. Kriteria ketuntasan minimal pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Krecek adalah 70. Presentasi siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal adalah: pra siklus 25%, siklus pertama 75% dan siklus kedua 87,5%. Keaktifan siswa meningkat ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pada pra-siklus keaktifan siswa ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung rendah tetapi pada siklus pertama dan kedua keaktifan siswa meningkat. Simpulan bahwa metode pembelajaran peta pikiran dapat meningkatkan menulis puisi siswa kelas V SDN Krecek, Delanggu, Klaten. Kata kunci: metode peta pikiran, meningkatkan keterampilan menulis puisi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 03 Nov 2015 19:50
    Last Modified: 03 Nov 2015 19:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21361

    Actions (login required)

    View Item