PENGARUH TINGKAT INFLASI, TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA, PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN BELANJA MODAL TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA TAHUN 2007 – 2013

SUSILOWATI, ENDAH (2015) PENGARUH TINGKAT INFLASI, TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA, PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN BELANJA MODAL TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA TAHUN 2007 – 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (390Kb) | Preview

    Abstract

    Kemiskinan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh seluruh negara, terutama negara berkembang seperti Indonesia.oleh karena itu, diperlukan adanya analisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemiskinan dalam upaya mengatasi masalah kemiskinan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat inflasi, tingkat pengangguran terbuka, pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah dan belanja modal terhadap kemiskinan di Indonesia. Analisa dilakukan melalui data panel 33 propinsi di Indonesia periode 2007-2013. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier data panel dengan metode Fixed Effect Model (FEM). Penelitian ini juga menggunakan analisis tipologi klassen untuk mengetahui gambaran tingkat kemajuan daerah provinsi-provinsi di Indonesia. Berdasarkan tipologi klassen masih cukup banyak provinsi di indonesia yang tergolong daerah relatif tertinggal dan sedikit sekali yang tergolong daerah maju.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel tingkat inflasi dan tingkat pengangguran terbuka signifikan berpengaruh positif, dan pendapatan asli daerah signifikan berpengaruh positif terhadap kemiskinan di Indonesia. Sedangkan variabel pertumbuhan tidak berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan di Indonesia. Kata Kunci: Kemiskinan, Tingkat Inflasi, Tingkat Pengangguran Terbuka, Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal, Klassen, Regresi Data Panel FEM.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 01 Nov 2015 11:32
    Last Modified: 01 Nov 2015 11:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21357

    Actions (login required)

    View Item