LAYANAN INFORMASI KARIER DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT KE SMK (Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatirogo Tahun Pelajaran 2013/2014)

Fauzi, Ikhwan (2014) LAYANAN INFORMASI KARIER DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT KE SMK (Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatirogo Tahun Pelajaran 2013/2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (90Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan informasi karier dengan media audiovisual untuk meningkatkan minat studi lanjut ke SMK pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Jatirogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan The Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Jatirogo. Sampelnya adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen sebanyak 35 orang dan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol sebanyak 35 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Perlakuan berupa pemberian layanan informasi karier yang dilaksanakan empat kali pertemuan. Data penelitian ini adalah minat studi lanjut ke SMK. Sumber dara berasal dari data primer, yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Jatiirogo Tahun Pelajaran 2014/2015. Intrumen yang digunakan adalah angket minat studi lanjut ke SMK. Analisis data menggunakan rumus Independent Samples T Test dan Paired Samples T Test dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistic 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan minat studi lanjut ke SMK yang sangat signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan layanan informasi karier dengan media audiovisual dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkannya, dengan nilai thitung sebesar 11,635 dan p = 0,243> 0,05, (2) ada perbedaan minat studi lanjut ke SMK yang sangat signifikan antara kelompok eskperimen sebelum dan sesudah diberi layanan informasi karier dengan media audiovisual, dengan nilai thitung sebesar 202,123 dan p = 0,000<0,01. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan informasi karier dengan media audiovisual efektif untuk meningkatkan minat studi lanjut ke SMK pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Jatirogo Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Layanan informasi karier, audiovisual, minat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 14 Nov 2015 07:23
    Last Modified: 14 Nov 2015 07:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21345

    Actions (login required)

    View Item