FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN PROCESS MANAGEMENT PADA LEMBAGA PENCIPTA TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) Studi Kasus pada LPTK FKIP UNS dengan Menggunakan Pendekatan EFQM Model

Wardana, Ikhwan Ali (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN PROCESS MANAGEMENT PADA LEMBAGA PENCIPTA TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) Studi Kasus pada LPTK FKIP UNS dengan Menggunakan Pendekatan EFQM Model. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (108Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Leadership Commitment, Policy Strategy, People Management, dan Partnership & Resources terhadap pelaksanaan Process management di Lembaga Pencipta Tenaga Kependidikan (LPTK) FKIP UNS Surakarta tahun 2014 berdasarkan persepsi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa FKIP UNS yang aktif tahun ajaran 2013-2014 di FKIP UNS Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling, area sampling, proportional random sampling, dan simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 99 responden yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2013-2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Uji persyaratan analisis SEM PLS yang digunakan pada penelitian ini adalah uji outer model berupa uji covergent validity, discriminant validity, dan composite reliability. Uji inner model dengan melihat R², sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis koefisien jalur untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Leadership Commitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap People Management, (2) Leadership Commitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Policy Strategy, (3) Leadership Commitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Partnership and Resources, (4) Policy Startegy berpengaruh positif dan signifikan tehadap People Management, (5) Policy Strategy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Process Management, (6) Policy Satrategy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Partnership and Resources, (7) People Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap Process Management, (8) Partnership and Resources berpengaruh positif dan signifikan terhadap Process Managemnet. Simpulan penelitian ini adalah variabel Leadership Commitment (LD) terbukti mempengaruhi secara positif dan signifikan variabel People Management (PM), Policy Startegy (PS), dan Partnership and Resources (PR). Berarti pimpinan harus memiliki komitmen yang kuat karena hal ini akan meningkatkan kinerja dari anggotanya dan komitmen manajemen puncak dikomunikasi ke semua tingkat lembaga dan untuk menentukan kebijakan dan strategi yang akan dibuat untuk masa yang akan datang, serta komitmen dari pimpinan sangat berpengaruh pada pengembangan lembaga dan menjaga/menjalin hubungan baik dengan konsumen yaitu dengan memberikan informasi yang transparan. Kata kunci: EFQM, Process Management, dan SEM PLS.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 14 Nov 2015 07:16
    Last Modified: 14 Nov 2015 07:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21344

    Actions (login required)

    View Item