OPTIMASI SUHU DAN pH UNTUK PRODUKSI SELULASE BAKTERI YANG DIISOLASI DARI SALURAN PENCERNAAN LARVA KUMBANG BADAK (Oryctes rhinoceros L.)

Nugraha, Kristian Agung (2014) OPTIMASI SUHU DAN pH UNTUK PRODUKSI SELULASE BAKTERI YANG DIISOLASI DARI SALURAN PENCERNAAN LARVA KUMBANG BADAK (Oryctes rhinoceros L.). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (547Kb) | Preview

    Abstract

    Enzim selulase berfungsi untuk menguraikan ikatan glikosidik β-1,4. Produksi enzim selulase oleh mikroorganisme merupakan komponen kunci untuk mendegradasi biomassa tumbuhan dan menjaga aliran karbon di alam. Hidrolisis selulosa oleh enzim selulase menghasilkan glukosa yang dapat dimanfaatkan untuk fermentasi lebih lanjut menghasilkan asam organik dan etanol. Enzim selulase memiliki aplikasi yang luas dan potensial dalam bidang makanan, pakan ternak, tekstil, bahan bakar, industri kimia, industri kertas, farmasi dan teknik genetik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui suhu dan pH yang optimal untuk produksi selulase bakteri yang diisolasi dari saluran pencernaan larva Oryctes rhinoceros L. dan mengetahui aktivitas spesifik selulase bakteri yang diisolasi dari saluran pencernaan larva Oryctes rhinoceros L. pada suhu dan pH yang optimal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QR Microbiology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 31 Oct 2015 19:46
    Last Modified: 31 Oct 2015 19:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21335

    Actions (login required)

    View Item