EVALUASI PERKERASAN JALAN, PEMELIHARAAN DAN PENINGKATAN JALAN DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN SERTA RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) RUAS JALAN LANGENHARJO - PARANGREJO STA 0+000 - 3+200

PUTRI, YUKI REZKYANA (2015) EVALUASI PERKERASAN JALAN, PEMELIHARAAN DAN PENINGKATAN JALAN DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN SERTA RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) RUAS JALAN LANGENHARJO - PARANGREJO STA 0+000 - 3+200. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (35Kb) | Preview

    Abstract

    Yuki Rezkyana Putri, 2015. EVALUASI perkerasan Jalan, Pemeliharaan dan Peningkatan Jalan dengan metode Analisa Komponen serta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Langenharjo-Parangrejo STA 0+000 - 3+200. Tugas Akhir, Program Diploma III Teknik Sipil Transportasi, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Ruas Jalan Langenharjo-Parangrejo termasuk dalam gilongan jalan kolektor kelas IIIC dengan jenis perkerasan lentur dan memiliki lebar 5,5m. Ruas jalan ini merupakan jalur yang berada di kawasan industri Kabupaten Sukoharjo dengan jenis kendaraan yang mendominasi terdiri dari motor, mobil, bis dan truk besar. Supaya jalan tersebut dapat berfungsi dengan baik, diperlukan tindakan evaluasi dan pemeliharaan secara periodik dengan dukungan data yang valid. Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Langenharjo-Parangrejo Kabupaten Sukoharjo dengan panjang jalan 3,2 km, dengan tujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen setiap 50m. Kemudian setiap segmen jalan dilakukan pengamatan secara visual dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penilaian sesuai dengan metode PCI. Dari hasil pengamatan diperoleh nilai PCI sebesar 45,38 tergolong jelek dengan jenis kerusakan berupa retak kulit buaya, kegemukan, pengelupasan lapisan, retak memanjang dan melintang, serta lubang. Kerusakan ini hanya terjadi pada beberapa segmen saja dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yang ada, yaitu pengisian retak, penebaran pasir dan penambalan. Sesuai perhitungan volume kepadatan lalu lintas, nilai CBR 90% sebesar 5,05% dan daya dukung tanah 4,73 dilakukan perencanaan tebal lapisan ulang dengan tebal 9cm sesuai dengan unur rencana yaitu 10 tahun. Bahan perkerasan yang digunakan adalah LASTON Ms. 744. Kemudian dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan dalam usaha perbaikan dan peningkatan mutu pada Jalan Langenharjo-Parangrejo Kabupaten Sukoharjo STA 0+000 - 3+200 tahun 2015 adalah Rp 2.760.543.373,19. Kata Kunci : Pavement Condition Index (PCI), LASTON, RAB.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 04 Nov 2015 17:45
    Last Modified: 04 Nov 2015 17:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21323

    Actions (login required)

    View Item